Ponpes Babussalam Sidoarjo Peringati HUT ke-25 Gelar Haflah Akhirussanah

Ponpes Babussalam

Detiknews.id Sidoarjo – Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam memperingati Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25, diisi dengan Haflah Akhirussanah. Kegiatan berada di Ponpes Babussalam di Perum Renonjoyo, Kedungsolo, Porong, Sidoarjo.

Haflah Akhirussanah di gelar di HUT ke-25 Ponpes Babussalam / M9

Haflah Akhirussanah adalah perayaan yang dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran oleh institusi pendidikan Islam baik formal maupun non formal. Diisi dengan pertunjukkan hadrah dan ceramah dari pemuka agama.

Ahmad Badlowi selaku pengajar dan juga pengasuh ketiga Ponpes Babussalam menuturkan, selain sebagai peringatan 25 tahun berdirinya Ponpes Babussalam, acara ini juga sebagai ajang kelulusan dan penentuan naik kelas atau tidaknya para santri menuju ke tingkat yang lebih tinggi.

Baca Juga
RoemahKita Buka Cabang ke-2 di Sidoarjo, Didukung 100 Supplier

“Sekaligus pada hari ini kita juga ada wisuda dan kenaikan para santri yang menempuh pendidikan di masrasah diniyah, berdasarkan penilaian yang dilakukan dalam satu tahun ini,” kata Ahmad Badlowi. Jumat malam (02/03/2024).

Lanjut Ahmad, untuk program madrasah diniyah di Ponpes Babussalam antara lain adalah Tahfidzul Qur’an, Binnadhor, Ilmu Tajwid, Ilmu Shorof, Bahasa Arab dan Ilmu Sastra lainnya. Tentu saja program ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari para santri sendiri.

“Untuk program di Ponpes kami ada beragam seperti Tahfidzul Qur’an atau hafalan Al-Qur’an mulai dari Madrasah IBTIDAIYAH hingga Madrasah Aliyah, selain itu kami juga mengajarkan Tajwid dan Shorof,” tambahnya.

Menurutnya, total santri Ponpes Babussalam berkisar 300 orang yang berasal dari berbagai daerah. Tidak berhenti sampai disitu, Ponpes Babussalam sendiri juga memiliki ikatan alumni yang jumlah anggotanya lebih dari 1000 orang.

Baca Juga
Vaksinasi di Sidoarjo, Polrestabes Surabaya Support Mobil Gerai Vaksin Keliling

“Saat ini jumlah santri kami ada 300 orang, dan kami juga memiliki ikatan alumni yang sangat loyal dengan anggota berkisar lebih dari 1000 orang,” sebutnya

Sebagai pengetahuan, Ponpes Babussalam sendiri telah berdiri selama 25 tahun sejak 1999. Berawal dari sebuah mushollah yang kecil yang dibangun oleh sang pendiri Imam Akhmad Hambali Ali hingga kini Pompes Babussalam telah berkembang menjadi sebuah lembaga pendidikan agama islam pilihan di kawasan Porong Sidoarjo. (M9)

Komentar

Berita Terkait