PKM Kreasi Batik Cap, Prodi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi UNESA

UNESA

Detiknews.id Surabaya – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) inisiasi Program Studi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Menggelar Pelatihan Batik Cap bagi Ibu PKK RT 03 RW 06, Kupang Gunung Timur.

PKM inisiasi Program Studi D4 Tata Busana Fakultas Vokasi UNESA / M9

PKM kreasi Batik Cap ini kebijakan Vokasi yang diikuti 30 orang peserta. Dilaksanakan oleh Kampung Batik Baru berada di Jalan Kupang Gunung Timur IVc Surabaya.

PKM dipimpin langsung oleh Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds Korprodi D4 Tata Busana, dengan anggota Dr. Yuhri Inang Prihatinia, S.Pd., M.Sn, Dr. Ratna Suhartini, M.Si, Dra. Yulistiana, M.PSDM, Dra. Urip Wahyuningsih, M.Pd dan Indarti, S.Pd., M.Sn.

Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds Korprodi D4 Tata Busana menuturkan, kegiatan PKM ini diawali dengan memberikan materi tentang batik cap baik alat dan bahannya, tekniknya, selanjutnya dipraktikkan oleh peserta secara berkelompok.

“Kami mendukung semua peserta PKM. Mengajarkan dengan telaten dan sabar. Selama kegiatan peserta sangat antusias, dan berhasil menyelesaikan taplak meja batik cap dengan beragam kreasinya sangat baik,” jelasnya, Rabu (04/09/2024)

Ditambahkan Dr. Irma Russanti, dari 8 kelompok terpilih hasil batik cap yang terbaik, karena kelompok tersebut berhasil mengembangkan kreasi Teknik pewarnaan pada bagian dasar kain.

“Harapannya, dengan kegiatan PKM ini dapat dikembangkan oleh ibu-ibu PKK RT 03 RW 06. Agar dapat memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk mengembangkan kain tradisional Indonesia,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait