Lions Clubs District 307 B2 Indonesia Wilayah 4, 5 dan 6 Gelar Orientasi serta Pelatihan PSTM 

Detiknews.id Surabaya – Lions Clubs International District 307 B2 Indonesia menggelar Orientasi New Member dan Pelatihan PSTM (President, Sekretaris, Treasurer dan Membership) Masa Bakti 2023-2024. Dihadiri 150 peserta baru yang di rekruitmen dari semua yang ada di wilayah 4, 5 dan 6. Kegiatan berada di The Southern Hotel Jalan Jemursari Surabaya.

Orientasi dan pelatihan diikuti 150 PSTM / M9

Menghadirkan Global Leadership Team District Coordinator (GLT DC) L. Theodorus Suardi, Global Membership Team District Coordinator (GMT DC) L. Grace Lee, Global Extension Team District Coordinator (GET DC), L. Liem Hermin Pujiastuti dan kegiatan dipandu oleh Ketua Wilayah 6 Lions Clubs International District 307 B2 L. Jenny Lie juga sebagai Ketua Panitia.

GLT DC L. Theodorus Suardi menjelaskan, orientasi ini harus dimiliki oleh setiap anggota lain. Jadi, memberikan pemahaman persiapan-persiapan kepada para pejabat Lions Club dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan pada tahun fiskal mendatang.

“Tanpa orientasi mereka juga tidak akan mengetahui kegiatan apa yang dilakukan. Apa program dari Internasional maupun dari District, strategi ataupun bentuk kegiatan apa yang akan mereka buat. Dengan pengarahan maka semua itu akan dibuat, seperti planning, stuffing dan seterusnya agar menjadi optimal,” jelasnya.

Baca Juga
The Alana Hotel Surabaya Gelar Pelatihan Kesiagaan Bencana

Menurutnya, setiap awal tahun fiskal selalu ada orientasi, Lions ini di setiap wilayah kepemimpinan selalu ada pengurus baru. Orientasi dan pelatihan dilaksanakan untuk menyamakan resepsi mereka. Bagaimana semua program-program dari Internasional, baik dari District.

“Ragam pelatihan yang berkaitan dengan orientasi, bagaimana mereka bisa melaksanakan kegiatan ini. Perubahan apa yang ada di Internasional maupun District bisa di cover oleh mereka. Ragam pelatihan leadership banyak, kita fokus kepada pengembangan kecakapan melaksanakan tugas-tugas sebagai pengurus Clubs di masa bakti 2023 – 2024,” terangnya.

Dengan diadakan kegiatan ini. Tujuannya, mereka harus bisa menjalankan program-program apa yang tertulis di Internasional maupun di District. Dengan orientasi dan pelatihan mereka akan tahu dan memahami apa yang harus dilakukan. Sedangkan setiap tahun ada pergantian PSTM.

“Harapannya, dengan melakukan orientasi dan pelatihan yang didapat dari Lions Clubs. Maka program yang harus dicanangkan harus tercapai,” ungkapnya. Jum’at sore (14/07/2023)

Ditempat yang sama, GET DC, L. Liem Hermin Pujiastuti menuturkan, kegiatan orientasi ini kami adakan untuk member baru yang tergabung di dalam Lions Clubs nantinya mengetahui dan memahami tentang organisasi Lions Clubs.

Baca Juga
Lions Club Surabaya Patria District 307 B2, Cegah Stunting Ciptakan Generasi Emas dan Sehat  

“Dengan pelatihan-pelatihan yang diberikan, member baru bisa mengembangkan program yang diberikan organisasi Lions Clubs secara keseluruhan. Peduli sosial dan kemanusiaan terhadap masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

GMT DC L. Grace Lee memaparkan, hari ini dan seterusnya Lions Club International District 307 B2, akan selalu mengadakan orientasi dan pelatihan terhadap member baru yang di rekruitmen oleh setiap Lions Clubs. Ada 3 Clubs baru dan dihadiri 150 member baru.

“Orientasi ini, untuk anggota baru dan ada pelatihan untuk pengurus dari setiap Clubs yang baru, untuk setiap tahun selalu ada pergantian periode. Setiap periode itu ada pengurus baru yang harus diberikan pelatihan-pelatihan. Supaya bisa mengerjakan tata kelola dengan baik,” paparnya.

Lanjutnya, orientasi ini untuk anggota baru, supaya tahu organisasi kita apa, seperti apa. Harus mengenal tentang Lions Clubs, agar tidak masuk organisasi yang salah.

“Agar member baru tahu, akan tujuan organisasi kita apa, tujuan kemanusiaan seperti apa. Anggota baru harus tahu tentang Lions Clubs sebelum dia masuk menjadi anggota,” jelasnya. Sabtu (14/07/2023)

Ditanya soal tujuan kedepannya, Grace mengungkapkan bahwa tujuannya merekrut anggota baru. Supaya kita punya tangan yang banyak bisa membantu masyarakat ditengah kota yang membutuhkan. Terus merekrut anggota baru bukan untuk sosial saja tetapi juga untuk kemanusiaan.

Baca Juga
Yayasan Tunas Muda IKKT Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Paud

“Setiap ada anggota baru selalu diberikan Orientasi dan pelatihan-pelatihan. Lions Clubs akan memberikan orientasi yang nantinya akan intens dan terus menerus. Harapannya, Lions Clubs terus maju tetap berdampak untuk masyarakat Indonesia, konsen dan peduli kepada mereka yang membutuhkan. Dengan membantu kemanusiaan, maka Indonesia akan maju,” ungkapnya.

Ditambahkan, Lions Clubs membantu secara kemanusiaan selain program utama juga membantu masyarakat yang membutuhkan diluar program utama.

“Lions Clubs mempunyai 5 program utama. Yaitu, Peduli Diabetes, Peduli lingkungan hidup, Peduli kanker anak, Peduli Mata dan Peduli akan kekurangan makanan maupun Gizi atau kelaparan (Hunger). Selain itu, kita juga membantu pondok pesantren, panti asuhan, panti jompo dan semua masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Lions Clubs International District 307 B2 Indonesia terdiri dari 7 wilayah, dari mulai Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali sampai Indonesia Timur. Total di semua wilayah adalah 102 Lions Clubs. (M9)

Komentar

Berita Terkait