Ketua Panwascam Lantik 286 PTPS, Camat Sukomanunggal : Pemilu Damai Tetap Solid dan Bersatu 

Panwaslu

Detiknews.id Surabaya – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) melalui Ketua Panwascam Sukomanunggal Dimas Sila Pamungkas melantik langsung 286 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Kegiatan pelantikan berada di Vasa Hotel jalan HR. Muhammad Surabaya.

Camat Sukomanunggal Dwi Anggara Widya Sukma, berpesan kepada masyarakat tetap menjaga Pemilu Damai siapapun pemimpinnya / M9

Dihadiri jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sukomanunggal serta Muhammad Agil Akbar, Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi Bawaslu Surabaya.

Hadir juga, Camat Sukomanunggal, Dwi Anggara Widya Sukma SSTP, Kapolsek Sukomanunggal, Kompol Zainur Rofik SH, dan Danramil Sukomanunggal, Mayor Inf Sugiharto.

Ketua Panwascam Sukomanunggal Dimas Sila Pamungkas, menjelaskan, Panwascam Sukomanunggal punya hajat melantik 286 PTPS dari 6 kelurahan se-kecamatan Sukomanunggal.

“Sebagai penyemangat, sengaja kami mengadakan pelantikan di hotel bintang 5. Agar para PTPS bersemangat saat melakukan tugasnya di lapangan nanti,” tuturnya. Senin malam (22/01/2024)

Ketua Panwascam melantik 286 PTPS di Kecamatan Sukomanunggal / M9

Lanjut Dimas, Panwascam Sukomanunggal bersama jajaran Panwaskel berhasil menyeleksi 286 PTPS, dari hampir 500 orang pendaftar PTPS dari 6 kelurahan.

“Kami sudah menyeleksi sesuai ketentuan dan akhirnya terpilih 286 PTPS sesuai dengan jumlah TPS Pemilu di seluruh kecamatan Sukomanunggal,” terangnya.

Menurutnya, PTPS bekerja dengan mengedepankan netralitas dan kejujuran.

“Jangan hanya mengawasi masalah pelanggaran, tapi juga fokus terhadap hal-hal pokok saat bertugas di TPS, salah satu yang penting adalah keabsahan kertas suara,” pesan Dimas.

Dijelaskan juga untuk kertas suara, dari pabrik atau langsung dari percetakan, maka hal itu yang harus menjadi fokus pengawasan saat PTPS menjalankan tugas dan fungsinya. Sambil menunggu jadwal Bimtek, para PTPS dapat mengasah pengetahuan, dan banyak bertanya jika ada kesulitan.

“Setiap PTPS, yang terpenting ikut menjaga kondusifitas, supaya Pemilu dapat berjalan aman, damai, dan jurdil,” tukas Dimas.

Camat Sukomanunggal, Dwi Anggara Widya Sukma SSTP, menyampaikan, ini Pelantikan luar biasa Kecamatan Sukomanunggal, kali ini dilaksanakan pelantikan di hotel bintang 5. Nuansa yang berbeda, Pesta Demokrasi itu untuk bersenang-senang dan riang gembira.

“Tujuannya, menjaga Pemilu yang beretika, menjaga Pemilu ruang gembira dan Pemilu solid. Kami berpesan kepada masyarakat untuk memastikan demokrasi kita berlangsung dengan jujur, adil, langsung, umum dan tetap rahasia. Harapannya, Pemilu Damai tetap solid dan bersatu meskipun sudah usai pemilu, yang menang adalah Warga Negara Indonesia,” jelasnya.

Ditanya soal TPS, dijelaskan oleh Camat Sukomanunggal bahwa TPS di kecamatan Sukomanunggal sejumlah 286 TPS, ini dilevel Surabaya menengah keatas jumlahnya luar biasa.

“Setiap TPS, petugasnya harus bertugas yang Profesional, jangan melewati kewenangannya dan jangan overlapping.

Semua sudah diatur, kita ikuti aturan main yang ada. kita selenggarakan dengan maksimal dan secara profesional, karena semua berawal dari TPS,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Sukomanunggal, Kompol Zainur Rofik SH berharap para PTPS dapat menjalankan tugas dengan baik dan menjaga Netralitas.

“Minimalisir permasalahan, yang penting proses Pemilu dapat sesuai harapan, lancar, aman dan selesai,” ucapnya.

Danramil Sukomanunggal, Mayor Inf Sugiharto juga menekankan bahwa PTPS merupakan garda terdepan Demokrasi.

“Adil lah untuk demokrasi. Ini memang berat dan riskan, karena awal dari polemik Pemilu biasanya dari PTPS. Bagaimana supaya hal itu tidak terjadi? Wajjahtu wajhiya tunjukkan di lapangan, sanggup!,” tegas Danramil.

Dijawab serentak oleh PTPS Sukomanunggal dan mendapat jawaban ‘Siap’.

Agenda ditutup dengan sumpah dan janji sekaligus penandatangan 7 poin Pakta Integritas. (M9)

Komentar

Berita Terkait