Kapolri Membuka Sidang Pleno Wandiklat Polri TA. 2018

Detiknews.id – Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D membuka sidang Pleno Wandiklat Polri TA. 2018 di Rupatama Mabes Polri, Selasa, 18 Desember 2018 sekira pukul 08.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut, Kalemdiklat menyampaikan tentang kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Lemdiklat Polri mulai dari kegiatan pelatihan kepada personel Polri, penyusunan kurikulum terutama untuk Diktubrig di wilayah perbatasan, pemberian serifikasi, pembangunan gedung dan SPN Malut, Sulbar dan Kaltara.

Selain itu juga, Kalemdiklat menyampaikan kesiapan kenaikan tipe Pusdik Brimob serta akan dilaksanakan renovasi gedung serbaguna dan rumdin pusdik brimob serta telah dilaksanakan kegiatan untuk perubahan kultur di lingkungan lemdiklat Polri dan Polda.

Baca Juga
Lone Wolf Ideologi ISIS Ini Hasil Profiling Teroris, Kata Kapolri

Dalam sambutanya, Kapolri menyampaikan bahwa Polri merupakan Polisi terbesar kedua setelah China, yang dimana SDM menjadi kunci bagi keberhasilan organisasi Polri, sehingga perlu dilakukan pendidikan dan pelatihan yang baik. Oleh karena itu Kapolri mengajak kepada para pimpinan dan jajaran lemdiklat serta stake holder untuk bersama-sama meningkatkan education bagi anggota Polri.

“Rekrutmen anggota Polri harus dilaksanakan dengan benar, bila dilaksanakan dengan salah akan memberikan dampak 75% kesalahan bagi institusi Polri”, tutur Kapolri.
Selain itu, Rekrutmen agar dilaksanakan secara dinamis dengan melihat kebutuhan dan perkembangan global. Serta Rekrutmen juga dapat dilaksanakan untuk membangun jaringan dengan melaksanakan perekrutan terhadap anak dari ketua suku, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang sebelumnya diberikan bimbingan yang anggaranya akan disiapkan dari Asrena Polri serta untuk kurikulum agar dilaksanakan secara dinamis dengan melihat kebutuhan dan tantangan yang ada untuk menciptakan Polisi sipil / sipil berseragam tetapi tetap mempertahankan postur para militer khusus untuk Brimob dan tidak boleh terjadi kekerasan di lingkungan pendidikan, serta kurikulum diskresi untuk ditingkatkan kembali dengan memperbanyak berdiskusi”, jelas Kapolri.

Baca Juga
Kapolri Kunjungi Khotmil Qur'an dari Polri untuk Negeri di Ponpes Lirboyo Kediri

Pada saat itu juga, Kapolri menyampaikan beasiswa LPDP bagi Polri masih banyak yang belum terisi sehingga harus diberikan pelatihan pelatihan agar kuota terpenuhi semua yang dimana kedepan akan menjadi agen of change bagi Polri dan untuk pembangunan sarana prasarana dilaksanakan secara bertahap bila perlu laksanakan koordinasi dengan pemda atau CSR untuk memberikan hibah.

Pada akhir sambutanya, Kapolri memberikan apresiasi kepada jajaran lemdiklat atas prestasi dan terobosannya selama ini serta diharapkan agar terus meningkatkan kerjasama dengan mitra Polri dan instansi terkait.

Turut hadir dalam acara ini Irwasum Polri, Komjen Pol Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H., beserta Pejabat Utama Mabes Polri; Pejabat di Lingkungan Jajaran Lemdiklat Polri; Para Wakapolda Jajaran; Para Karo SDM dan Ka SPN Polda serta perwakilan Mitra Polri dari ICITAP, JICA dan IOM.

Baca Juga
Deklarasi Pemilu Damai Digelar Polda Jatim, Kapolri : Perbedaan Bagian Demokrasi 

(D.Man/MB-BP)

Komentar

Berita Terkait