Jagad Osing, UNESA Pamerkan Ratusan Busana di Annual Fashion Show 35 Tahun

UNESA

Detiknews.id Surabaya – Jagad Osing, Annual Fashion Show 35 Tahun digelar oleh mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana 2020 Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Annual Fashion Show asuhan Dr.Sn. Inty Nahari, M.Ds, Dosen mata kuliah Cipta Karya Busana S1 Pendidikan Tata Busana, 225 mode fashion dipamerkan di Gazebo Danau Rektorat Unesa.

UNESA memamerkan fashion Jagad Osing khas Banyuwangi / M9

Jagad Osing diambil dari kata ‘’Jagad’’ berarti bumi atau alam dengan keberagamannya, dan kata ‘’Osing’’ merupakan nama salah satu sub budaya di Jawa Timur yang berada di Kabupaten Banyuwangi.

Inty menuturkan, secara keseluruhan Jagad Osing diartikan sebagai keberagaman budaya suku Osing yang hingga kini masih dipertahankan.

“Annual Fashion Show mengangkat budaya suku osing sebagai sumber ide dalam pembuatan style, look manipulating fabric, siluet, cutting dan aksesoris dalam sebuah karya. Karya-karya tersebut diwujudkan menjadi 225 koleksi busana dari 75 mahasiswa sebagai fashion designer dalam 6 studio,” tuturnya.

Koleksi busana 6 studio masing-masing mengangkat sumber ide antara lain Studio Tikel Balung yang terinspirasi dari rumah adat suku Osing, Studio Angklung paglak diambil dari alat musik khas suku Osing yang digunakan sebagai ritual pengusiran hama.

Selanjutnya, Studio Aksara Ratri Gandrung mengambil ornamen pakaian penari Gandrung sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen, Studio Jaranan Buto berasal dari tari Jaranan Buto yang biasa dipentaskan di acara adat seperti hajatan dan khitan.

Kemudian Studio Barong Ider Bumi sebagai upacara adat untuk menolak bala. Serta Studio Seblang Nritya Nir Sukma terinspirasi dari tarian Seblang sebagai ritual bersih desa suku Osing.

Ditambahkan oleh Inty, koleksi busana diperagakan dengan konsep fashion theatrical yang bertujuan untuk menyampaikan makna dari koleksi busana tiap studio. Konsep yang memadukan fashion runway dari koleksi busana dengan teater yang menampilkan alur cerita yang diambil dari sumber ide tiap studio.

“Konsep tersebut semakin menarik dengan pertunjukkan kesenian suku Osing, tata panggung dan tata lampu,” jelasnya.

Unesa menggelar Jagad Osing 35 tahun Annual Fashion Show, dengan konsep yang lebih segar dan lebih menarik.

Harapannya, Jagad Osing 35 tahun Annual Fashion Show dapat menjadi salah satu langkah kontribusi untuk mengangkat dan melestarikan destinasi wisata serta budaya yang ada di Indonesia melalui karya-karya mahasiswa S1 Pendidikan Tata Busana 2020. (M9)

Komentar

Berita Terkait