HUT TNI ke-79 2024, Kepala Staf Korem 084/Bhaskara Jaya Pimpin Upacara 

Korem 084/Bhaskara Jaya

Detiknews.id Surabaya – HUT TNI ke-79 2024, Kepala Staf Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Erwin, S.I.P., M.Han., memimpin Upacara. Dengan tema, TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju. Berada di Lapangan Makorem Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Kepala Staf Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Erwin, S.I.P., M.Han,  membacakan amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.,  mengatakan, peringatan HUT TNI kali ini merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI. Sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif. Dalam menjaga dan mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Maknanya, bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju,” jelasnya.

Dalam amanat, Panglima TNI menjelaskan, bahwa perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi. Berkembang secara dinamis dan makin kompleks membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan.

“Perkembangan situasi ini harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu. Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern,” jelasnya.

Menurut Panglima TNI, para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi. Hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional.

“Saya ingin mengingatkan kepada seluruh Prajurit, bahwa kita dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan yang kurang bijak, akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI. Sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,” katanya.

Oleh karenanya, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan. Juga  memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas.  Dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya.

Selanjutnya, Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas. TNI hingga saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia.

“Namun demikian, hal tersebut janganlah menjadikan kita lengah dan cepat berbangga diri. Masih ada yang harus kita benahi, sehingga TNI dapat diandalkan dalam menjaga kedaulatan bangsa. Melindungi keutuhan wilayah Negara Kesatuan RI, berdasarkan Pancasila dan UUD  1945. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan”, tuturnya.

“Saya mengajak seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, untuk memberikan apresiasi yang tulus kepada Bapak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Republik Indonesia. Selama masa kepemimpinannya, telah berkontribusi dan berjuang untuk kemajuan TNI hingga saat ini,” ucapnya.

Ditambahkan, Panglima TNI mengajak seluruh prajurit untuk menyambut Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia. Ia yakin pada masa kepemimpinan Beliau nanti, TNI akan semakin kuat, berwibawa dan disegani oleh negara-negara di dunia.

“Semakin dekatnya pelantikan Presiden terpilih, setiap Prajurit TNI harus selalu waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif  yang berusaha  memecah belah soliditas TNI.  Menghancurkan sinergitas TNI-Polri dan Kementerian/ Lembaga lainnya dan merusak kemanunggalan TNI dengan rakyat,”  pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait