HPN 2024, KJJT Diseminasi Jurnalistik Dihadiri Kapolres Mojokerto Kota

KJJT

Detiknews.id Mojokerto – Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang di gelar oleh Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) diruang tamu Vila SB-2 Jalan Kemiri, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan diisi dengan Diseminasi Jurnalistik dan apresiasi terhadap anggota yang berkualitas dalam karya jurnalistik.

KJJT menggelar HPN 2024 di Mojokerto / M9

HPN 2024 di hadiri oleh, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S Marunduri, S.I.K., M.H. beserta Humas. Dandenpom V/2 diwakili Wadan Denpom Mayor CPM Akbar. Sejumlah anggota penerangan Kodim 0815, mewakili Dandim 0815 Mojokerto dan ratusan anggota KJJT dari berbagai wilayah.

Hadir juga, narasumber Praktisi Hukum Dosen Yos Soedarso Iskandar Laka, SH. MH, Senior wartawan era 80 an seperti Mantan wartawan Surabaya Post Darmantoko, Mantan Memorandum Supriadi, Noer Arief dan Isma Hakim Rahmat.

Ketua Umum KJJT Ade.S Maulana didampingi MC Isma Hakim, mengucapkan, terimakasih kepada para pejabat yang hadir, sebagai wujud dan bentuk sinergitas sebagai bukti kemitraan dan kerjasama yang baik terhadap rekan jurnalis. Suatu kehormatan bagi KJJT.

Baca Juga
Aliansi Wartawan Surabaya, Dirkrimsus Polda Jatim : Jaga Kode Etik Jurnalistik

“Terimakasih kepada Kapolres Mojokerto Kota, Dandenpom V/2, Kodim 0815 Mojokerto, Kapolres Pasuruan, Dirkrimsus Polda Jatim, Satlantas Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak Surabaya, Sub Denpom V/4-2 Gresik, Apollo Gadget Store Surabaya, Satnarkoba Polrestabes Surabaya serta pejabat lainnya dan pihak-pihak swasta yang sudah memberi ucapan Selamat Hari Pers Nasional 2024 kepada KJJT,” tutur Ade.

“Kami secara simbolis juga memberikan hadiah yang sudah dipersiapkan berupa 2 unit handphone dan door price lainya. Untuk anggota yang memiliki karya tulis terbaik. Ini diberikan langsung oleh pejabat yang hadir. Serta jurnalis yang aktif dalam program diskusi versi KJJT, Dosen Universitas Surabaya sebagai penilai” tambahnya.

Sementara, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S. Marunduri mengucapkan selamat suksesnya kegiatan HPN. Apresiasi kepada KJJT, ia berharap ke depan akan lebih baik. Dengan bertambahnya KJJT di setiap wilayah hingga daerah-daerah.

Baca Juga
KJJT Gelar Pameran Alutsista TNI dan Bazar UMKM Tuai Apresiasi dari PHRI

“Selamat memperingati Hari Pers Nasional 2024. Semoga KJJT semakin sukses ke depannya, dan jurnalis tetap semangat untuk mengikuti program pendidikan jurnalistik yang diadakan KJJT,” terang Daniel.

Lanjut Daniel, untuk pemberitaan semakin baik dan profesional, mempublikasikan kegiatan yang positif, dan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat luas.

“Kami berharap, KJJT memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya Mojokerto, Jawa Timur. Berita yang berimbang disajikan ke publik,” jelas mantan Kasatreskoba Polrestabes Surabaya.

Ditambahkan oleh Wakil Komandan Denpom V/2, Mojokerto Mayor Cpm Akbar, moment tersebut menjalin silaturahmi serta kerjasama dalam hal pemberitaan.

“Kami sangat butuh jurnalis untuk mempublikasi kegiatan yang dilakukan Polisi Militer Angkatan Darat (AD) Mojokerto, oleh karena itu kita perlu bekerja sama,” paparnya.

KJJT di HPN 2024, memberikan bekal ilmu jurnalistik mulai tanggal 27 – 28 Februari 2024. Ilmu dari Dosen/guru pembimbing KJJT. Mulai  pengumpulan bahan berita, pelaporan peristiwa, penulisan berita, dan cara menyunting berita agar nantinya menjadi penyajian berita yang benar.

Baca Juga
KJJT Peduli Istri Wartawan Terduga Polemik RS Soewandhie Surabaya

Diseminasi jurnalistik berlanjut dengan diskusi yang dilakukan mulai pukul 20.00 Wib hingga 00.00 Wib, membahas etika seorang jurnalis hingga sengketa pers. Moderator Iskandar Laka menguraikan hingga beberapa materi terkait UU Pers No. 40 Tahun 1999, yang merupakan UU lex specialis.

Dimeriahkan dengan pemberian hadiah berupa 2 unit handphone kepada dua jurnalis KJJT wilayah Jombang, dengan kategori karya tulis terbaik atas nama Ditha Asih Aprillia media online dan Krisna Hari Sukemi dari TVRI kontributor Jombang.

Kegiatan ditutup Do’a dan dilanjutkan ramah tamah dengan menyajikan menu makanan prasmanan. Diikuti ratusan anggota KJJT yang hadir dari Sampang, pamekasan, Pasuruan, Banyuwangi, Jombang, Mojokerto, Magetan, Madiun, Gresik, Malang, Sidoarjo dan Surabaya. (M9)

Komentar

Berita Terkait