oleh

Desa Bersinar, Program BNNP Jatim Bersih Narkoba

Detiknews.id Surabaya – Dalam rangka mewujudkan Jawa Timur Bersih Narkoba (Bersinar), bersama perang melawan narkoba. Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur membuat program Bersinar dengan mewujudkan Desa Bersinar. Hal ini disampaikan oleh Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Drs. Mohammad Aris Purnomo, M.H, bahwa Bersinar terwujud karena sinergitas BNNP Jatim bersama Polri, PMD Jatim dan peran aktif masyarakat.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Dalam paparannya, Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Drs. Mohammad Aris Purnomo, M.H menuturkan, BNNP Jatim menginisiasi Desa Bersih Narkoba. Polri menginisiasi Kampung Tangguh Bersih Narkoba. Sedangkan PMD Jatim menginisiasi Gebyar Desa Bersih Narkoba.

“Dalam mewujudkan sinergitas antar institusi ini guna percepatan Desa yang bersih dari Narkoba di Jatim. Maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim bekerja sama dengan BNNP Jatim, Bakesbangpol dan institusi lain yang terkait, membuat sebuah program yang berlandaskan dari juklak Desa Bersinar yang disusun oleh Kementerian Desa dan BNN RI. Bernama Gebyar Bersinar (Gerakan Bersama Masyarakat Bersih Narkoba). Dengan target di tap kabupaten Non BNNK membangun 2 desa bersih narkoba,” terangnya.

Lanjut Aris, ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam membangun Desa Bersinar. Yaitu, persyaratan wajib pembentukan Desa Bersinar dan memperhatikan tahapan pembentukan Desa/ Kelurahan Desa Bersinar.

“Seperti kelengkapan data, data kependudukan, dukungan dan komitmen Pemda, peran aktif masyarakat, dan memenuhi kriteria wilayah. Selain itu, untuk tahapan Desa/ Kelurahan Bersinar yaitu, membangun komitmen, pemilihan, penetapan, menyusun kelompok kerja, penganggaran, pencanangan P4GN, dan menyusun kelompok kerja,” terangnya.

Menurut Aris, selain BNN membuat buku pedoman pelaksanaan Desa Bersinar. Ada 5 faktor utama yang menjadi keberhasilan dari Desa Bersinar.

“Faktor utama itu adalah Komitmen kuat pemangku kebijakan, Intensitas opini publik tentang Program P4GN beserta integritasnya lintas sektor, optimalisasi fasilitasi dan dukungan stakeholder, semangat dan dedikasi pengelola kegiatan Desa Bersinar di seluruh tingkatan wilayah serta petugas lini lapangan Desa Bersinar, dan partisipasi aktif masyarakat,” paparnya.

Dalam pelaksanaan Desa Bersinar, diharapkan semua stakeholder dan masyarakat ikut berperan aktif dalam terwujudnya Desa Bersinar. Guna terciptanya situasi yang aman tentram dan tertib di lingkungan masyarakat Desa. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar