Debat Pilgub dan Wagub Jatim, Polda Jatim Siaga Ribuan Personel di Empat Ring 

Polda Jatim

Detiknews.id Surabaya – Debat Pilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) dan Wakil Gubernur (wagub) Jawa Timur, digelar terbuka. Polda Jatim siaga 1.322 personil. Sebagai antisipasi kemacetan dan kericuhan yang terjadi. Debat Pilgub berada di Graha Unesa, Surabaya, Jum’at (18/10/2024).

Debat Pilgub dan Wagub Jatim, Dirlantas Polda Jatim cek arus lalu lintas dan pantau empat ring / M9

Debat Pilgub dan Wagub Jatim, Polda Jatim siaga empat Ring. Kesiagaan pengamanan dipimpin Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Puji Santosa, Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin dan Kaopsdal Mantap Praja Semeru 2024, Kombes Pol Budi Karyono. Didukung kesiagaan dari KPU Jatim dan Vendor.

Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Puji Santosa mengungkapkan, bahwa tim keseluruhan telah siap menjalankan tugas. Baik Tim Polda Jatim maupun Tim Polrestabes.

“Kita siapkan 1.322, dibagi menjadi empat ring. Ring pertama pengamanan dibatasi 150 orang, ring dua sampai empat pengamanan luar. Kami melakukan koordinasi dengan pihak KPU Jatim, maupun vendor. Kita pastikan masing-masing anggota tahu dengan tugasnya masing-masing,” ujar Kombes Pol Puji Santosa di Graha Unesa.

Pengamanan ini bertujuan untuk antisipasi kemacetan jalan, hingga potensi benturan antar pendukung maupun kecelakaan. Sementara atribut yang diperbolehkan hanya sebatas kaos, topi, kalau bendera-bendera tidak kita perbolehkan

“Kita sudah antisipasi, makanya kekuatan kita maksimalkan. Seperti di pintu utama, pintu media dan pintu pendukung pasangan calon. Serta untuk lokasi parkir muat 500 kendaraan. Untuk VIP muat sekitar 300 kendaraan,” jelasnya.

KPU Jatim juga meminta pengamanan saat acara nonton bareng debat terbuka di luar gedung samping parkir dan dibatasi penyekat bagi masing-masing pendukung pasangan calon.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin, menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi dengan KPU Jatim untuk mengetahui konsep pelaksanaan debat besok.

“Kami mengimbau kepada seluruh pendukung Paslon, agar mematuhi arah petunjuk yang diberikan oleh petugas,” terangnya.

Kaopsdal Mantap Praja Semeru 2024, Kombes Pol Budi Karyono, menjelaskan, hari ini dibagi menjadi empat ring.

“Untuk ring satu dipimpin Wadirintel, ring dua Kasubdit Pamovit, ring tiga Wadir Samapta dan ring luar Wadirlantas. Kami siagakan untuk menjamin kegiatan debat cagub cawagub ini berjalan lancar, aman dan kondusif,” kata Kombes Pol Budi Karyono.

Ditambahkan oleh Kombes Pol Budi Karyono, Polda Jatim akan membatasi pendukung yang akan masuk ke venue debat di Graha Unesa, Surabaya.

“Jadi untuk setiap pendukung Paslon jika tidak bisa masuk ke venue debat, nantinya diluar venue akan disiapkan layar besar. Sehingga pendukung juga bisa menyaksikan secara langsung,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Budi, untuk arus lalu lintas di kawasan Kampus Unesa, Lidah Wetan, Surabaya. Nantinya, juga disiapkan kantong kantong parkir bagi pendukung paslon.

“Masyarakat dihimbau menggunakan akses jalan lain dan bersabar jika melintas dikawasan Graha Unesa,” tutup Kombes Pol Budi Karyono. (M9)

Komentar

Berita Terkait