Daimler Truck Mercedes Benz Actros Arocs Euro 5 Hadir di Indonesia, Turunkan Emisi Karbon 

Detiknews.id Pagedangan – Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan Mercedes Benz Actros / Arocs Euro 5 di ICE BSD. Seri Euro 5 ini membawa 3 mesin baru yang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar.

Produk ini merupakan kelanjutan komitmen DCVI dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menurunkan emisi gas buang. DCVI telah menunjukkan komitmennya sejak tahun 2022 melalui Mercedes-Benz Truck Axor Euro 4.

Naeem Hassim selaku President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia mengatakan bahwa perkenalan unit truk Actros / Arocs Euro 5 dilakukan guna menjawab tantangan global mengenai komitmen Indonesia untuk bergerak menuju Zero Emission di tahun 2060 dimana harus dimulai dengan standar emisi Euro 4 diesel di Indonesia.

“Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk terbesar di dunia dimana potensi untuk perkembangan kendaraan sangat cepat dan dinamis. Sejalan dengan dukungan terhadap pemerintah Indonesia dan guna meningkatkan persaingan di kancah Internasional, maka hari ini DCVI menghadirkan Actros dan Arocs dengan standar emisi Euro 5,” tegasnya.

Baca Juga
Mercedes-Benz Axor Logistics Day, Komitmen DCVI untuk Keselamatan Armada Truk Logistik

Naeem menambahkan bahwa Actros dan Arocs Euro 5 membawa DNA yang sama dengan pendahulunya Euro 3, dengan inovasi baru melalui Heavy Duty Engine Platform berfokus pada bahan bakar yang lebih hemat bagi semua pihak yang membuat dunia tetap bergerak, termasuk di Indonesia.

“Nantinya, Anda akan menyaksikan varian mesin baru yang didesain dan diciptakan dengan target penghematan bahan bakar yang lebih efisien.” katanya.

Menurut Naeem, ada 3 keunggulan utama dari Daimler Truck yang harus selalu diingat, yaitu Reliability (kehandalan), Robustness (kekuatan) dan Highest Efficiency (efisiensi tertinggi) di kelasnya.

“Produk Mercedes-Benz Actros / Arocs Euro 5 memiliki fitur bawaan yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi pengemudi. Unit ini hadiri dengan tiga mesin yakni OM 470, OM 471 dan OM 473 yang didesain untuk pencapaian efisiensi bahan bakar”. Ujar Faustina selaku kepala produk dan pemasaran DCVI.

Baca Juga
Satgas Yonmek 643 Gagalkan Penyelundupan Mercedes Benz Asal Malaysia

Melalui fitur teknologi ini, Mercedes-Benz Actros / Arocs Euro 5 hadir dalam 3 model mesin yang berbeda, yaitu :

Heavy Duty Engine Platform with 6 inline cylinder:

OM 470 Engine Euro 5: Mesin Mercedes-Benz seri OM 470 generasi kedua ini hadir dengan kapasitas 10.7 liter

OM 471 Engine Euro 5: Mesin Mercedes-Benz seri OM 471 generasi kedua ini hadir dengan kapasitas 12.8 liter

OM 473 Engine Euro 5: Mesin Mercedes-Benz seri OM 473, mesin dengan kapasitas terbesar mencapai 15,6 liter.

Selain mesin-mesinnya yang lebih tangguh, unit-unit ini juga memiliki fitur-fitur baru yang lebih unggul dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu :

Mesin dengan 2nd Generation X-Pulse dengan target bahan bakar yang lebih efisien, Variably Controllable EGR Flap untuk pencapaian power optimal, Three Steps High Performance Engine Brake, MercedesPowershift 3 (MPS3) dengan 12 dan 16 transmisi otomatis.

Baca Juga
Mercedes-Benz Axor Logistics Day, Komitmen DCVI untuk Keselamatan Armada Truk Logistik

Adapun fasilitas yang diberikan oleh DCVI kepada para pelanggan Mercedes-Benz melalui penggunaan unit ini adalah Garansi Overall Vehicle untuk 12 Bulan tanpa batasan kilometer, Garansi Powertrain sampai 24 bulan atau 200.000 Km, dan juga Garansi Spare-part selama 12 bulan tanpa batasan kilometer.

Saat ini, Mercedes-Benz Actros/Arocs Euro 5 sudah dapat dipesan di diler resmi DCVI dan AdBlue® sebagai cairan katalisator untuk pembakaran emisi yang lebih baik tersedia juga di seluruh jaringan diler resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia. (M9)

Komentar

Berita Terkait