Antisipasi TPPO, Kantor Imigrasi Kelas I Surabaya Perketat Legalitas PMI

Detiknews.id Surabaya – Kantor Imigrasi kelas I Khusus TPI Surabaya komitmen bersama aparat penegak hukum di Bandara Internasional Juanda dalam upaya penanggulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural. Ini sebagai bentuk pengawasan ketat terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Jawa Timur. Dengan melakukan penertiban dengan pengecekan legalitas Keimigrasian terhadap semua PMI.

TPPO menjadi masalah dunia, Indonesia khususnya. Hal ini disampaikan sebelumnya oleh Menko Polhukam Mahfud MD dan Kepala BP2MI Benny Rhamdani. Akibat banyaknya ribuan korban TPPO ini. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya bersama instansi terkait berkomitmen untuk menindak tegas pelaku TPPO yang berada di wilayah Jawa Timur.

Komitmen semua intansi terkait untuk antisipasi TPPO / M9

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin memaparkan, Kantor Imigrasi Juanda Surabaya akan melakukan penertiban paspor. Kebanyakan dari korban itu ada iming-iming gaji, modusnya banyak mengelabui petugas saat melintas di bandara untuk masuk secara ilegal.

“Langkah yang kami lakukan jika ada indikasi tersebut, kami akan menunda keberangkatannya. Kedepannya, kami akan melakukan penyelidikan dengan bekerjasama dengan semua pihak terkait sampai kepada siapa dalang dari semua ini,” jelasnya.

Menurut Chicco, selama ini yang sudah dilakukan oleh Imigrasi sendiri periode dari Januari hingga Juni 2023 sudah menunda keberangkatan 597 orang. Ini angka yang luar biasa, kami belum menindak lanjuti ke penyelidikan. Kewajiban yang kami cek Quality paspor, tidak masuk daftar cekal dan tiket yang berlalu.

“Dengan himbauan dan komitmen bersama ini, harapan kami kedepannya akan kami melakukan ketingkat lebih tinggi lagi ke penyidikan,” terangnya.

Perlu diketahui, komitmen terkait antisipasi ini disepakati bersama oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo, Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin, Wadireskrimum Polda Jatim AKBP Ronal Purba dan Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Titis Wulandari. (M9)

Komentar

Berita Terkait