oleh

AKP Akay Fahli : Tugas Polri di Hari Kesaktian Pancasila 2020, Amankan Pilkada dan Cegah Covid-19

Detiknews.id Surabaya – Seluruh Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober 2020.  Makna yang mendalam juga dirasakan oleh Kapolsek Tambaksari AKP Akay Fahli S.Kom, S.I.K. Peran Penting Polri di Pandemi, amankan Pilkada dan Cegah Covid-19.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


“Kalau kita ingin memahami makna daripada Hari Kesaktian Pancasila yang sekarang kita laksanakan pada 1 Oktober 2020, bahwasanya Hari Kesaktian Pancasila itu memiliki makna sebagai usaha membentangi peranan Pancasila sebagai dasar negara dan juga sebagai ideologi bangsa, ” tuturnya.

Lanjut Kapolsek, Pancasila mempunyai peran yang sangat penting sebagai dasar negara Indonesia untuk mengatur dalam penyelenggaraan tata negara.

“Ini mencakup politik, ekonomi, sosial budaya dan keamanan, ” ungkapnya.  Kamis (01/10/2020)

Disinggung Bagaimana kita menyikapi hari Kesaktian Pancasila dalam situasi seperti ini? Kapolsek menjelaskan, semua kembali lagi pada pribadi masing-masing.

“Bagi kita, polisi khususnya saya Kapolsek Tambaksari yang berdinas di Surabaya kita memiliki 2 fokus sekarang yang sedang kita hadapi. Yang pertama kita harus betul-betul memastikan aman, damai, tentram dalam pelaksanaan Pilkada. Yang kedua kita harus bisa cepat tuntas dalam hal penanganan pengendalian dalam upaya penekanan percepatan Covid-19, ” jelasnya.

Ini motivasi kita, untuk segera kita bisa menerapkan ke 2 hal penting. Khususnya di wilayah Tambaksari, umumnya di wilayah Jawa Timur. Seperti yang diamanatkan oleh Bapak Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir SIK, MTCP. Hal sama ditekankan kepada anggota oleh Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. M. Fadil Imran M.Si.

“Ini tugas kita bersama, selaku Polri yang pertama betul-betul aman dalam pelaksanaan Pilkada jangan sampai ada masalah. Jangan sampai ada gesekan pelaksanaan, juga aman sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Menurut Akay,  diharapkan masyarakat aman dalam Pilkada. Pilkada aman warga juga sehat. Ini juga upaya tiga Pilar yang  lebih semangat lagi menggunakan speed 6 upaya untuk percepatan penanganan penekanan untuk Covid-19.

“Alhamdulillah, Jawa Timur ini sudah terus menurun khususnya di Surabaya. Ini upaya Tiga Pilar, TNI-Polri pemerintah sering sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar mulai sadar memahami pentingnya protokol kesehatan, ” urainya.

Akay menambahkan, dalam menyikapi hari Kesaktian Pancasila kalau bagi masyarakat disana ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak yang sekolah mungkin menyikapinya mentaati pemerintah dengan belajar dirumah bisa gabung dengan keluarga melaksanakan ibadah bersama

“Masa pandemi Covid-19 ini kita juga bisa saling membantu dan memberi tetangga yang kekurangan. Kita beri bantuan, sebagai salah satu nilaiH Pancasila yang harus ditanamkan pada diri masing-masing warga adanya rasa saling peduli untuk kemanusiaan,” pungkasnya. (M9)

Mungkin Anda Suka

Komentar