Akibat Dampak Gunung Erupsi, Polisi Beri Bantuan Psikologi

Detiknews.id Lumajang – Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim, bersama Tim Ro Psi SSDM Polri, berikan bantuan psikososial dan trauma healing, kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Berada di tempat pengungsian warga, diwilayah Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh, Karo SDM Polda Jatim, KBP Andi Syahriful Taufik, S.I.K, M.Si,. Kabag Psikologi AKBP Diah Ika Riantanti., S. Psi., Psikolog,. Wakapolres Lumajang, Kabagsumda Res Lumajang, Kasat Sabhara Polres Lumajang, Kasat Binmas Polres Lumajang, Kapolsek Pronojiwo, Polres Lumajang, Kapolsek Candirejo, Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi), Cabang Jember dan Mahasiswi magang F.Psi Unesa.

Sementara dari Mabes Polri dihadiri oleh, Tim Ropsi SSDM, KBP Adi Suhariyono, S.Psi, SSTMK, Psikolog. KP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psikolog. KP Dwi Crismawan, M.Si, M.Psi, Psikolog. Ipda Indah Syarif Kurniawati ,MPsi, Psikolog. Ipda Bellatrix Putri Bahari, MPsi, Psikolog dan Penata Sugiarti.

Baca Juga
Kapolda Jatim Resmikan Mako Sat Brimob dan Panen Raya di HUT Brimob ke-75

Kegiatan ini dilakukan guna membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru, dengan peninjauan pengamatan Gunungapi Semeru, serta melihat fasilitas pengungsian warga serta dapur umum.

Tim Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim didampingi Tim Ropsi SSDM Polri, KBP Adi Suhariyono, S.Psi, SSTMK mengatakan, kami memberikan bantuan dukungan psikososial, psikoedukasi, terhadap warga dan anak-anak. Terapi bermain dengan sasaran anak-anak, dengan bernyanyi, bermain games, story telling atau cerita anak.

“Selain itu juga memberikan bantuan berupa obat-obatan dan vitamin serta barang yang diperlukan selama di pengungsian seperti selimut, masker, suplemen dan vitamin, makanan ringan, susu, tas dan perlengkapan sekolah,” tuturnya. Kamis (09/12/2020)

Lanjut KBP Adi, kami juga dilakukan kunjungan langsung ke rumah-rumah warga sekitar lereng Gunung Semeru, dengan pemberian bantuan.

Baca Juga
Ditpolairud Polda Jatim Tangkap Penyelundup Ratusan Hewan Satwa

“Diharapkan dengan kedatangan dari TIM Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jatim, Tim Ro Psi SSDM Polri dan para Psikolog juga mahasiswa. Bisa ikut membantu meringankan beban warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” pungkasnya. (M9)

Komentar

Berita Terkait