Jefri Setiawan Pecahkan Rekor Dunia Bermain Piano dengan Mata Tertutup

Detiknews.id – Pada hari Rabu (24/10) kemarin, Jefri tampil begitu memukau di Akademi Funs Kunste ASK Berlin, Jerman. Di hadapan para musisi Jerman, Guru ASK, masyarakat Jerman, dan masyarakat Indonesia di Jerman.

Selama tiga jam, anak kelahiran tahun 2006 ini bermain piano tanpa istirahat demi mengharumkan nama Indonesia. Total lagu yang dimainkan adalah 100 lagu. Dan hebatnya, semuanya ini dilakukan dengan matanya ditutup oleh kain hitam.

Atas kegigihannya ini anak yang bernama Jefri Setiawan ia memecahkan rekor dunia “Memorizing 100 songs while playing piano, blindfolded, in 3 hours nonstop”.

Pemecahan rekor dunia tersebut diapresiasi warga Berlin Jerman. Publik Jerman menilai Jefri diberi anugerah oleh Tuhan, karena mampu menghafal ratusan judul lagu tersebut sambil memainkan piano dengan mata tertutup.

Baca Juga
Ribuan Penyelam Bakal Pecahkan Rekor Dunia di Indonesia Awal Agustus Nanti

Dengan presetasi barunya ini, berarti anak yang memiliki cita-cita menjadi seorang dokter ini telah mendapatkan 2 rekor dunia dengan spesialis bermain piano dengan mata tertutup. Jefri juga tercatat namanya sebagai pemecah rekor dunia pada kategori pemain piano termuda yang tampil dengan mata tertutup, dengan lagu terbanyak di dunia.

Sebelumnya, pada tahun 2017 lalu Jefri memecahkan rekor dunia “Record Holders Republic (RHR)” dengan bermain di papan keyboard dan memainkan 60 lagu selama 5 jam nonstop.

Prestasi yang luar biasa ini tentu saja layak diapresiasi. Karena tidak banyak manusia yang mampu untuk melakukan hal yang serupa. Bahkan seorang pianis yang mampu bermain selama tiga jam pun, belum tentu bisa bermain dengan mata tertutup.

Baca Juga
Polda Kepri Memberangkatkan Kontingen Selam Pemecahan Rekor Dunia Selam di Manado

Setelah mendapatkan 2 rekor dunia ini, dia sangat berharap bisa bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Harapan aku dari dulu, ingin bertemu Bapak Presiden Jokowi,” ujar Jefri.

Didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Meskipun sudah pernah memecahkan rekor dunia pada tahun sebelumnya, ternyata tidak semua pihak bisa mengapresiasi kehebatan ini. Buktinya selama tahun 2018, Jefri dan keluarga harus bersusah payah pulang pergi Kendal Jakarta mencari dukungan, mengajukan proposal keinginnya untuk kembali memecahkan rekor dunia.

Salah satu pihak yang mendukung adalah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). “ Bekraf memfasilitasi penuh perjalanan untuk dua orang,” ungkap Joko Manis, ayahanda dari Jefri. Sedangkan perjalanan tim lainnya ditanggung secara pribadi oleh Joko.

Joko sendiri menyatakan dirinya sangat mengapresiasi langkah dan bantuan Bekraf, lantaran kerja keras yang dilakukannya selama ini ternyata di apresiasi dengan baik oleh pemerintah.

Baca Juga
Pemecahan Rekor Dunia, Ketua WASI: Satu Orang Hari Ini Adalah Pelaku Sejarah Dunia

“Pastinya senang dan bangga dengan apresiasi yang diupayakan oleh pemerintah dalam mendukung keinginan saya berangkat ke Berlin. Ini penghargaan buat saya sebagai anak Indonesia. Dan sebagai balasannya saya akan selalu mempersembahkan yang terbaik buat bangsa dan negara ini,” tutur Jefri.

Memberikan Kuliah Umum

Selang sehari sesudah memecahkan rekor dunia, Juga pada hari kamis (25/10) ini memberikan kuliah umum bertema ‘Kesuksesan Anak Kampung Memecahkan Rekor Dunia’ di depan para mahasiswa internasional di Universitas Humboldt Berlin. Di kampus ini, Jefri menceritakan perjalanan hidupnya dan suka duka yang dialaminya dalam berjuang memecahkan rekor dunia ini.

(Manurung)

Komentar

Berita Terkait