Pekan QRIS Nasional Sukses Digelar BI Jatim dan Pemkot Surabaya

Bank Indonesia

Detiknews.id Surabaya – Pekan QRIS Nasional (PQN) sukses digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) bersinergi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Mulai tanggal 12 hingga 18 Agustus 2024, untuk kampanye penggunaan QRIS di Sektor Transportasi, Perparkiran, dan Pariwisata.

PQN bertajuk, Pakai QRIS untuk Indonesia Maju. Ini dalam rangka mendorong pemanfaatan inovasi Ekonomi Keuangan Digital(EKD). Berada di Kantor Perwakilan BI Provinsi Jatim.

PQN bertepatan dengan puncak HUT RI ke-79, kampanye tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat Kota Surabaya dalam transaksi People to Government (P2G) menggunakan kanal pembayaran Digital QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Direktur Eksekutif Bank Indonesia Jawa Timur, Erwin Gunawan Hutapea menjelaskan, bahwa bentuk dari kampanye tersebut adalah dengan pemberlakukan tarif spesial Rp.79, bagi pengguna QRIS,

“Kami berlakukan penggunaan pembayaran melalui QRIS di 13 titik e-parking, layanan transportasi umum seperti Suroboyo Bus dan Feeder WiraWiri Suroboyo,serta tiket masuk obyek wisata Museum 10 Nopember, THP Kenjeran, Perahu Kalimas dan Bus Surabaya Sightseeing and City Tour(SSCT),” jelasnya.

Menurut Erwin, dengan sejumlah serangkaian kegiatan yang digelar meliputi Edukasi QRIS, Onboarding Merchant & Pengguna QRIS, Showcase Merchant QRIS, Hiburan dan Perlombaan.

Erwin berharap melalui program ini nantinya akan dapat :

1. Meningkatkan akseptasi QRIS yang meliputitransaksi, merchant dan pengguna melalui kegiatan Onboarding, Edukasi, Showcase, Hiburan, dan Perlombaan serta Penguatan Literasi QRIS.

2. Mendukung pencapaian program implementasi 55 juta pengguna QRIS di Indonesia dan 2,5 miliar volume transaksi QRIS secara nasional.Seluruh rangkaian kegiatan PQN di wilker KPw Bl Jawa Timur didukung oleh Badan Musyawarah Perbankan Jawa Timur (BMPDJatim), Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan non bank serta Pemerintah Daerah.

Erwin menjelaskan, “The Power of We” ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi berbagai pihak untuk mensukseskan implementasi digitalisasi pembayaran,k hususnya QRIS,di Jawa Timur.

Puncak acara PQN Jawa Timur akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2024 dalam bentuk event “Surabaya QRIS Run 2024”, dan ditutup dengan “Pasar Rakyat 17an” berlokasi di area Kota Lama Surabaya. (M9)

Komentar

Berita Terkait