oleh

Komandan Kodim 0414/Belitung Meninjau Kelompok Tani Budidaya Rumput Laut Binaan Sertu Ahmad Adi di Desa Sungai Padang

Header

SIJUK — Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang, S.Sos. M.I.Pol, melaksanakan peninjauan penanaman rumput laut yang dibudidayakan oleh dua (2) kelompok tani dibawah binaan Sertu Ahmad Adi bertempat di Desa Sungai Padang Kecamatan Sujik Kabupaten Belitung,Senin (1/6/2020).

info DetikNews.ID

Kapolda Jatim Kapolrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra S.I.K Kombes Pol Latif Usman, S.I.K, M.Hum Max One Hotel Dharmahusada Surabaya POP HOTEL SURABAYA

lanjut baca berita

Sertu Ahmad Adi mengatakan,” Bahwa penanaman rumput laut dilaksanakan oleh dua (2) kelompok budidaya rumput laut
yaitu kelompok Tani Garuda Jaya Satu yang beranggotakan 44 kepala keluarga dan kelompok Tani Garuda Jaya dua yang mempunyai anggota 34 kepala keluarga,” Terangnya.

Selain Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Indra Padang, S.Sos. M.I.Pol, juga hadir dalam kegiatan peninjauan penanaman rumput laut diantaranya Kades Sungai Padang Firdaus,Kadus Sungai Padang Babinsa Sertu Ahmad Adi, Ketua Poktan Garuda Jaya Satu Ludi dan anggota poktan.

Sertu Ahmad Adi Samudro selaku Babinsa Sungai Padang menjelaskan,” Dengan percontohan budidaya rumput laut ini, kami berusaha mempelopori masyarakat dengan menanam rumput laut di Perairan pantai Desa Sungai Padang,” imbuhnya.

Sebagai Babinsa kami berikan contoh nyata kemudian setelah berhasil kami mengajak masyarakat Desa binaan kami untuk menanam rumput laut, kami berikan bantuan awal berupa tali dan bibit rumput laut,”ujarnya.

Kami menanam lebih kurang 100 meter persegi, terdiri dari dua ribu titik, satu titik hanya dalam waktu 40-50 hari dapat berkembang menjadi satu sampai dua kilogram atau dua sampai tiga ton per hektar. bisa di bayangkan kalau kelompok Tani budidaya Rumput laut ini semua sudah panen,”Ungkap Sertu Ahmad Adi Samudro.

Letkol Inf Indra Padang S.Sos Dandim 0414/Belitung dalam sambutannya menggungkapkan,”Pada masa Pandemi Covid 19 sekarang ini, kami berusaha mencari solusi yang tepat untuk masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Belitung selain padi, jagung, dan kedelai,kepada kelompok tani budidaya rumput laut yang sudah terbentuk agar bersatu-padu bersama-sama untuk meningkatkan hasil budidaya Tanaman rumput laut, karena selain menangkap ikan dilaut budidaya rumput laut merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan penghasilan warga,”Tegasnya.

Tujuan kami mengajak masyarakat Desa Sungai Padang untuk budidaya rumput laut untuk mengurangi angka pengangguran, kami juga menciptakan lapangan kerja baru buat warga, sehingga penghasilan mereka meningkat,”ucap Dandim.

Firdaus selaku Kades Sungai Padang mengucapkan terima kasih atas kerja keras Bapak Babinsa khususnya Kodim 0414/Belitung yang telah mengajak dan memberikan motivasi Warga Masyarakat Sungai Padang untuk menanam rumput laut,sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Sungai Padang,” tandasnya.(ar/edi)

Komentar

Berita Terkait