oleh

IKM Tanggulangin Potential Buyers, Kemenperin Gelar Bussines Matching

Detiknews.id Sidoarjo – Di era digital yang berkembang pesat, para pelaku industri lokal dituntut untuk terus berinovasi sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan daya saing agar mampu bertahan di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Hal yang sama juga dilakukan oleh para pelaku industri kecil dan menengah di Sentra IKM Tanggulangin, Sidoarjo.

Acara bertempat di Workshop Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Pada tahun 2019, Kementerian Perindustrian lebih berfokus pada pendampingan yang berbasis peningkatan kapasitas dan kompetensi untuk IKM Tanggulangin.

Sentra IKM Tanggulangin berlokasi di daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dengan penduduk yang sebagian besar memilih profesi sebagai perajin tas dan koper berbahan kulit maupun bahan lainnya. Sentra industri ini mulai berdiri pada tahun 1939 yang pada awalnya hanya terdiri dari beberapa perajin yang membuat berbagai jenis produk tas dan koper.

Di masa jayanya, sentra industri tersebut memiliki 354 perajin dengan aset senilai 10 milyar Rupiah milik Koperasi Industri Tas dan Koper (INTAKO). Masa-masa kejayaan Sentra IKM Tanggulangin menurun akibat bencana semburan lumpur Lapindo di daerah Porong, Sidoarjo. Dampak bencana tersebut adalah penurunan jumlah pengunjung yang datang ke sentra industri sehingga sebagian besar perajin di Sentra IKM Tanggulangin terpaksa harus menghentikan produksinya.

Meskipun demikian, geliat industri tas dan koper di Tanggulangin masih tetap berjalan dan perlu untuk diperkenalkan kembali kepada masyarakat dengan wajah baru yang lebih baik.

Foto : Kementerian Perindustrian Direktur Jenderal IKMA Gati Wibawaningsih bersama Tim survey hasil kerajinan – detiknewsid/m9

Direktur Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Gati Wibawaningsih menyampaikan, Kementerian Perindustrian telah bekerja sama dengan berbagai stake holders terkait dalam melaksanakan program Revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin.

Program Revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin ini telah digagas sejak tahun 2017 dengan mengedepankan sinergi dan kolaborasi antara Kementerian Perindustrian dan berbagai stake holders terkait di Kabupaten Sidoarjo untuk menyusun Roadmap Revitalisasi Sentra IKM Tanggulangin.

Next

Next

Komentar

Berita Terkait