Digital Fullfilment Fasilitas dari Kominfo RI, Gudang Daring Gratis Bagi Pelaku UMKM Surabaya

Detiknews.id Surabaya – Digital Fullfilment merupakan perputaran ekonomi bisnis melalui online. Untuk mendorong pelaku usaha UMKM di kota Surabaya, Kementerian Komunikasi RI membuka rangkaian acara Roadshow Sosialisasi Optimasi Penjualan Marketplace dengan Digital Fullfilment. Kegiatan berada di Sheraton Hotel Surabaya.

Roadshow kali ini merupakan rangkaian kegiatan yang kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan di Denpasar Bali, 21 Juni 2022 lalu.

ONNEWS

Bersama dengan ratusan pelaku UMKM di Kota Surabaya, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan layanan gudang daring (Digital Fulfillment), sebagai solusi atas problem minimnya kapasitas tempat penyimpanan yang selama ini dihadapi pelaku usaha UMKM.

Dikemas dalam kegiatan diskusi panel, para pelaku UMKM diperkenalkan pemanfaatan digital logistik dalam rangka peningkatan produktivitas penjualan. Paparan tersebut diberikan langsung oleh Kementerian Kominfo RI yang berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya.

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, dan Logistik Kementerian Kominfo Wijayanto mengatakan, dengan adanya Digital Fulfillment yang telah dipersiapkan, para pelaku UMKM kini memiliki gudang penyimpanan barang warehouse untuk ketersediaan barang.

Dimana nantinya, lanjut Wijayanto, ketersediaan barang tersebut akan seluruhnya dapat dipantau langsung oleh pelaku UMKM secara daring.

“Biasanya, kalau sudah ada pesanan online para pelaku usaha ini agak sedikit kewalahan untuk mem packingĀ  barangnya sendiri. Kehadiran fulfillment ini diharapkan membantu UMKM sehingga mereka bisa memiliki gudang dimana saja sehingga mendekatkan kepada konsumennya baik produksi barang, makanan maupun minuman. Tentunya ini dapat diperoleh secara gratis,” katanya.

Komentar

Berita Terkait