oleh

Budidaya Maggot di Jatimulya Bantu Ternak Ikan dan Kurangi Sampah

Detiknews.id.Tangerang – Adanya budidaya maggot di Kampung Tempe, Desa Jatimulya, Kecamatan Sepatan Timur (Septi), Kabupaten Tangerang, bisa membantu peternak ikan dan mengurangi sampah.

Menurut Ketua Kandang Maggot Tangerang (Kamaggota) Septi, Ahmad Ramdani, dirinya sangat perihatin dengan adanya permasalahan sampah yang selama ini dikeluhkan masyarakat di Kabupaten Tangerang,

“Hati saya sangat miris sekali, banyak sampah di Tangerang, lalu saya ingin bantu pemerintah untuk kurangi sampah melalui ternak maggot,” kata Deni kepada detiknews.id, Kamis (27/2/20).

Menurutnya, hewan maggot selain mengurangi sampah, bisa menambah vitamin untuk hewan ikan. Maka dari itu ia tertarik untuk membudidayakan maggot, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sebenarnya maggot ini sumber protein untuk ikan dan kurangi pakan para peternaknya, lalu saya terinspirasi ternak maggot untuk masyarakat, supaya mereka punya penghasil yang sejahtera,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jainudin mengatakan, kegiatan peninjauan dilakukan untuk memenuhi segala keinginan pengurus budidaya maggot, sekaligus untuk membantu mengembangkan melalui program-program pemerintah setempat.

“Teman-teman dari kelompok maggot datang ke pemda, bahwa ada rencana ingin pengembangan lebih besar, artinya pemda harus bisa jembatani teman-teman budidaya maggot ini,” kata Jainudin.

Ia menyebut budidaya maggot bisa membantu mengurangi permasalahan sampah, yang selama ini banyak dikeluhkan masyarakat, ia juga melihat bahwa maggot bisa dipergunakan untuk pakan ikan dipeternakan masyarakat.

“Ini sudah jelas bisa kurangi sampah, karena maggot tersebut makannya kotoran sampah, maggot juga bisa jalan alternatif untuk makan ikan, dan komposnya bisa untuk pupuk, jadi hal ini ada nilai plus-plusnya,” terang Jainudin.

Ia meminta pemerintah harus mendukung program-program kerajinan masyarakat yang bernilai positif, karena hal ini sudah jelas terlihat bisa membantu mengurangi sampah, dan mengahasilkan hal-hal lain.

“Pemda harus bantu modal dan juga bantu yang lainnya, karena budidaya ini sudah jelas-jelas bisa kurangi sampah, serta bantu peternak ikan atau pun pertanian yang disekitar kita ini,” tandasnya.(nani)

Kabiro Banten detiknews.id

(IGOR)

Komentar

Berita Terkait