Detiknews.id Surabaya – Biznet membangun infrastruktur digital di masa depan yang lebih baik, terbukti di 24 tahun lebih dari dua dekade di industri teknologi dan telekomunikasi. Artinya, Biznet telah menghadirkan infrastruktur digital terbaik, yang mampu memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia.
Biznet selama 24 tahun, memberikan Transformasi Digital dengan teknolohmgi terbaik. Salah satunya berhasil mengoperasikan kabel bawah laut pertamanya yang diberi nama Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1). Menghubungkan jaringan Pulau Jawa dan Sumatra serta Bangka, membawa pilihan layanan Internet baru yang lebih berkualitas bagi masyarakat.
Dalam konferensi Pers, menghadirkan nara sumber yaitu, Muchammad Ramadhani, Senior Manager Territory East 2 dan Andhika Martha Winarno, Regional Manager Surabaya.
President Director Biznet, Adi Kusma mengungkapkan, pihaknya mengawali perjalanan di tahun 2000 untuk dapat mengurangi kesenjangan digital di Indonesia.
“Di usia Biznet ke-24 tahun, kami terus menghadirkan beragam inovasi bagi masyarakat Indonesia. Pengembangan akses Internet hingga ke masa depan. Salah satunya, kabel bawah laut yaitu BNCS-1. Harapannya, membuat lebih banyak masyarakat Indonesia terkoneksi dan memanfaatkan Internet,” terangnya.
BNCS-1 telah diluncurkan secara resmi oleh Biznet pada Juni 2024, sebagai salah satu upaya mewujudkan visi perusahaan untuk dapat mengurangi kesenjangan digital. Dengan pemerataan akses koneksi Internet mampu mendukung transformasi digital. Peluncuran ini menandakan, terhubungnya jaringan Biznet Fiber antar Pulau Jawa, Sumatra dan Bangka.
Pembangunan infrastruktur kabel fiber optic bawah laut pertama milik Biznet, dapat menyamaratakan kualitas Internet di Pulau Sumatra dengan di Pulau Jawa. Biznet sudah bisa menghadirkan bandwidth yang lebih besar hingga 300 Mbps untuk layanan Biznet Home, Internet untuk perumahan dan apartemen dan hingga 900 Mbps untuk layanan Biznet Metronet (layanan untuk segmen UKM).
Tidak sampai di situ, upaya melakukan pemerataan akses Internet di seluruh Indonesia pun akan terus dilakukan dimana Biznet juga akan segera melanjutkan pembangunan jaringan kabel fiber optik bawah laut kembali melalui Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2).
Biznet telah berhasil menggelar jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100,000 KM dengan lebih dari 3,000,000 homepass. Tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Flores dan Timor.
“Selain pembangunan kabel bawah laut, kami juga fokus untuk melebarkan lagi jaringan ke lebih banyak wilayah di Indonesia. Internet dan infrastruktur digital handal yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Mampu bersaing dan bertahan di era digital saat ini,” tutur Adi.
Survei tentang Bisnet, berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2024, sekitar 59,35 persen. Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap penyedia layanan Internet tetap atau fixed broadband Internet adalah pada aspek kecepatan dan kestabilan, dan 30,57 persen pada aspek harga dan promo yang diberikan provider atau penyedia layanan.
Pada usia 24 tahun, Biznet menghadirkan inovasi dalam mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi dengan PT AEON Credit Service Indonesia (AEON) untuk meluncurkan Co-Branding Credit Card di kuartal ke-4 2024.
Biznet menjadi ISP (Internet Service Provider) pertama yang menjadi partner Co-brand Kartu Kredit di Indonesia. Melalui kerjasama ini, Biznet dan AEON. Kedua belah pihak dapat memperluas layanan dan memberikan kemudahan pembayaran bagi pelanggan BiBizn.eDengan keuntungan menarik yang ditawarkan melalui Kartu Kredit Biznet.
Selain itu, dengan coverage area di lebih dari 180 kota. Biznet juga memahami kebutuhan dan daya beli masyarakat Indonesia. Khususnya di second dan third cities, yaitu dengan menghadirkan layanan yang lebih terjangkau bagi masyarakat. Dengan penurunan harga layanan, untuk segmen retail sebesar 30 persen di beberapa kota/kabupaten di Indonesia.
Tidak hanya itu, Biznet melalui layanan untuk segmen bisnis UKM/startup yaitu Biznet Metronet juga menghadirkan layanan terbaru dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar namun dengan harga yang tetap sama.
Adi menambahkan, pihaknya melihat bahwa Internet yang cepat dan stabil memang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini. Karena itu, sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia.
“Kami menyediakan layanan yang beragam dapat dipilih sesuai kebutuhan masyarakat masing-masing. Tentunya dengan kualitas unggulan yaitu bandwidth yang besar, upload download simetris dan terjangkau bagi masyarakat, “jelasnya.
Menurutnya, Biznet memberikan apresiasi berupa promo spesial khusus di momen hari jadi Biznet. Yaitu, bonus upgrade bandwidth 150 Mbps untuk seluruh pelanggan Biznet Home.
“Biznet berharap segala bentuk promo yang dihadirkan menjawab kebutuhan bagi masyarakat. Untuk dapat merasakan pengalaman ber-Internet terbaik dengan kapasitas bandwidth besar. Di momen ini, kami ingin mengapresiasi seluruh pelanggan. Kami memberikan promo spesial yaitu menambah kapasitas bandwidth 150 Mbps secara gratis untuk layanan Biznet Home,” ungkapnya.
Adi juga berharap, program promo ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh pelanggan. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk saya, mewakili keluarga besar Biznet.
“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat dan rekan bisnis untuk Biznet. Kami percaya bahwa Biznet bisa sampai di usia ini berkat dukungan dan kepercayaan dari semua pihak. Biznet dan seluruh karyawan, akan terus termotivasi dan berinovasi menghadirkan layanan yang lebih baik,” pungkasnya. (M9)
Komentar