Astra Financial Beri Layanan Pembiayaan Terbaik, Partner Industri Otomotif

Detiknews.id Surabaya – Astra Financial mendukung perhelatan otomotif terbesar di Indonesia, GIIAS 2022, salah satunya melalui layanan pembiayaan dan asuransi. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan GIIAS Surabaya 2022, Astra Financial menyelenggarakan Astra Financial Talk dengan mengundang empat perwakilan dari unit bisnis untuk berbagi tentang keunggulan layanan serta program menarik bagi masyarakat Surabaya.

Menghadirkan nara sumber, Dwi Tjahjono selaku Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Jawa Timur, Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya, Irwan Raharjo selaku Kawil TAF, dan Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra. Keempat narasumber ini membahas mengenai perkembangan bisnis pembiayaan & asuransi, khususnya di wilayah Jawa Timur, serta perannya dalam mendukung industri otomotif.

“Pada semester I 2022, kinerja penyaluran pembiayaan FIFGROUP khusus Jawa Timur mengalami penurunan sekitar 11 persen. Penurunan kinerja ini juga dapat dilihat dari jumlah unit finance yang menurun sekitar 10 persen, di mana faktor utama krisis chip semikonduktor mendorong penurunan kinerja tersebut di tengah tingginya permintaan masyarakat terhadap sepeda motor,” tutur Dwi Tjahjono Kawil FIFGROUP Jawa Timur.

Astra Financial gelar Astra Talk, mengupas tuntas soal pembiayaan / M9

Ditempat yang sama Vieky Afrian selaku Branch Manager ACC Surabaya menjelaskan, Astra Credit Companies (ACC) mencatat pembiayaan kendaraan di Jawa Timur dengan amount finance Rp1,56 triliun selama semester pertama 2022 dan jumlah unit finance yang mencapai 10 ribu unit.

Baca Juga
Asuransi Manulife Jaga Kesehatan Masa Depan, Lily : Layanan Nyaman dan Aman

“Pembiayaan yang disalurkan oleh TAF memiliki amount finance senilai Rp1,02 triliun di Jawa Timur pada periode pertama tahun 2022. Angka tersebut meningkat 37,8 persen dibanding periode sebelumnya yang hanya sebesar Rp742,9 miliar. Hal ini tercermin pula dari unit finance yang diberikan pembiayaan pada semester pertama tahun ini sejumlah 5.606 unit, meningkat 27,8 persen di mana pada periode yang sama 2021 4.387 unit,” paparnya.

Menurut Muliawansyah selaku Kawil Asuransi Astra, pada semester 1 tahun ini, Asuransi Astra wilayah Jawa Timur mencatat pertumbuhan positif premi bruto sebesar 2 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Strategi Perusahaan Mengembangkan Bisnis Astra Financial Kedepannya. Untukmengoptimalkan layanan FIFGROUP kepada customer, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melaksanakan pameran virtual, yaitu FIFGROUP FEST dan SPEKTRA FAIR di beberapa kota besar mulai dari Sabang sampai Merauke,” ungkapnya.

 

Astra Financial memberikan pembiayaan terbaik sebagai partner Industri Otomotif / M9

Tidak hanya itu, dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, FIFGROUP juga mengembangkan bisnisnya dengan menghadirkan layanan baru. Yaitu FINATRA yang berfokus terhadap pembiayaan mikro untuk pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

ACC sendiri akan tetap mengacu pada core bisnis ACC, yaitu pembiayaan. ACC sejak dulu sudah mengembangkan inisiatif digitalnya untuk memudahkan customer mendapatkan pembiayaan dengan meluncurkan aplikasi mobile ACCYes!, ACC ONE, serta ACC ONE On The Web. Di tahun ini, anak perusahaan ACC meresmikan Gedung Berijalan Digital Operation Center untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Baca Juga
DPR RI Perhatian Atas Penegakan Hukum KPPU Soal Industri Minyak Goreng

Irwan Raharjo selaku Kawil TAF menjelaskan, TAF terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik dan kualitas proses bisnis seperti mobile apps FLEX dan layanan baru TAF Online Services.

“Selain itu, TAF juga bekerja sama dengan ekosistem digital di Astra Financial, seperti kolaborasi TAF dengan AstraPay, TAF dengan Maucash, TAF dengan SEVA dan juga kolaborasi TAF dengane kosistem digital di ranah dealer,” jelasnya.

Asuransi Astra juga secara konsisten menerapkan strategi 3P yaitu portfolio, people, dan public contribution. Dari sisi portfolio, Asuransi Astra menerapkan diversifikasi portfolio. Dari sisi people, Asuransi Astra secara aktif meningkatkan kemampuan karyawannya melalui sertifikasi keahlian. Dari sisi public contribution, Asuransi Astra turut serta dalam upayap erwujudan SDGs khususnya terkait bidang bidang kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta pendidikan berkualitas melalui berbagai bentuk kegiatan.

Dukungan Layanan Digital Unit Bisnis Astra Financial yang Aman dan Mudah Layanan digital Astra Financial diharapkan dapat menjawab tantangan di era digital agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun. FIFGROUP sendiri memiliki

Baca Juga
Astra Financial Sponsor Platinum Optimis Tingkatkan Industri Otomotif di GIIAS Surabaya 2022

Fiona sebagai layanan digital bagi konsumen. Selanjutnya, FIFGROUP Mobile Customer (FMC) sebagai aplikasi yang mempermudah konsumen dalam mendapatkan berita terbaru, terkait program ataupun promo. Bisnis ini juga memiliki Dealer Information System (DIS) yang merupakan sistem berbasis website untuk melakukan proses order sampai dengan monitoring disbursement.

ACC selalu mengedepankan Customer Satisfaction, di mana kepuasan dan solusi terbaik bagi pelanggan adalah tujuan kami. Solusi digital ACC sendiri melalui ACCONE apps dan ACC ONE on the web. Pada tahun 2023 mendatang ACC juga berencana akan meluncurkan satu lagi inisiatif digitalnya di semester pertama 2023.

Sama halnya dengan TAF, produk pembiayaan FLEXI memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk mengatur besaran cicilan bulanan. TAF juga memiliki DEAL sebagai aplikasi untuk bagi sales dealer dengan fitur-fitur seperti kalkulator kredit, pemantauan statusa plikasi, dan achievement monitoring. Selanjutnya, TAF menghadirkan alternatif layanan mobilitas, yaitu Kinto One di Indonesia.

Asuransi Astra juga ikut mendukung layanan digital dengan meluncurkan aplikasi Garda Mobile Otocare di mana pelanggan dapat mengajukan klaim hingga membeli berbagai kebutuhan otomotif secara online. Layanan seperti contact center 24 jam Garda Akses, layanan darurat 24 jam Garda Siaga, serta layanan klaim di pusat perbelanjaan Garda Center juga terus dimaksimalkan. (M9)

Komentar

Berita Terkait