Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya Mencanting di Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional

Detiknews.id Surabaya – Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya merayakan Hari Batik Nasional. Perayaan berbeda dengan sebelumnya, mencanting kain batik bersama tamu dan Fashion Show. Berada di area loby hotel lantai 16, Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya.

Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya mengajak tamu mencanting di Hari Batik Nasional / M9

Hari Batik Nasional dirayakan setiap tanggal 02 Oktober 2024, merupakan momen untuk merayakan dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Biasanya, batik dikenakan berbagai kegiatan lainnya mulai dari pameran batik, pertunjukan seni hingga seminar ataupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan batik.

Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya berkolaborasi dengan Aora Wistara Dharma, komunitas batik Surabaya. Diikuti anak-anak disabilitas baik dalam pembuatan batik, menjahit busana batik hingga peragaan fashion show. Demo mencanting kain batik mulai Pk. 10.00 Wib hingga Pk 16.00 Wib. Menarik para tamu untuk bergabung, belajar mencanting kain berpola batik bersama.

Puncak acara dimulai pukul 2 siang, dimulai dengan fashion show dari model binaan Aora Wistara Dharma yaitu Rendi dan Ulin. Rendi memiliki keistimewaan autisme dan Ulin memiliki keistimewaan tuna wicara dan tuna rungu. Namun keduanya terlihat sangat professional memperagakan busana batik di area lobby hingga membuat para tamu kagum dengan penampilan mereka.

Yosie, owner dari Aora Wistara Dharma mengatakan, anak-anak dengan berbagai keistimewaan ini berikan pelatihan sesuai bakat dan minat mereka.

“Kami menggelar berbagai kelas mulai modelling, menjahit, seni dan banyak lagi lainnya dilakukan agar mereka memiliki kemampuan yang baik, berani tampil dan siap memasuki dunia kerja kedepannya,” terangnya.

Acara berlanjut dengan lomba fotografi Hari Batik, diikuti10 fotografer Surabaya. Mereka memfoto 2 model yang menggunakan busana batik di area lobby hotel. Nantinya, karya mereka akan diposting di sosial media mereka dan akan dipilih 3 karya terbaik yang akan mendapatkan hadiah spesial dari Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya.

Camelia Ayu Rahmawati, Marketing Communications Manager Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya mengatakan, ini sebagai bentuk komitmen Whiz Luxe Hotel Spazio Surabay, bukan hanya menjual paket kamar, makanan hingga meeting dan berbagai kegiatan sosial lainnya saja. Namun juga memberikan fasilitas tambahan kepada para tamu menginap di hotel untuk dapat bergabung merayakan Hari Batik Nasional

“Selain itu, bersama dan mendapatkan edukasi mengenai cara mencanting di kain batik yang diharapkan bisa menambah rasa bangga dan cinta dengan berbagai kebudayaan dan warisan bangsa ini, khususnya kain batik,” tambahnya.

Hadir juga Perwakilan dari DPW Mantra Jawa Timur yaitu komunitas Masyarakat Adat Nusantara Jawa Timur yang turut memberikan edukasi mengenai kebudayaan batik di masa sekarang, tamu hotel dan berbagai komunitas dan fotografer di Surabaya. (M9)

Komentar

Berita Terkait