Wakapolda Kalsel Bacakan Amanat Kapolri di HUT Brimob Ke-74: Apresiasi Peran Aktif Brimob

Detiknews.id, – Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Yazid Fanani, M.Si. diwakili Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, MH. memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri ke-74 tahun 2019, di Lapangan Apel Polda Kalsel, Kamis (14/11/2019) pukul 08.00 wita.

Upacara tersebut dihadiri Kabinda Kalsel, Ka BNNP Kalsel, Danlanal Banjarmasin, Danrindam, para Pejabat Utama Polda Kalsel, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel beserta Pengurus Bhayangkari Kalsel.

Wakapolda Kalsel dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-74 Korps Brimob Polri kepada 41.170 personel Brimob di mana pun berada. “Semoga Brimob Polri semakin profesional, unggul, dan senantiasa menjadi kebanggaan masyarakat, bangsa, dan Negara,” ucap Kapolri dalam sambutannya.

Baca Juga
Ditresnarkoba Polda Kalsel Berhasil Ungkap Sabu 8,01 Gram, Ekstasi 15 Butir dan Carisoprodol 1.830 Butir

Ia pun dengan penuh rasa hormat mengucapkan belasungkawa atas gugurnya personel Brimob dalam penugasan menjaga NKRI. “Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukan eksistensinya, antara lain: keberhasilan dalam mendukung pengamanan Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019, penanggulangan aksi-aksi terorisme, pengamanan Operasi Ketupat 2019, aksi unjuk rasa di Bawaslu pada Mei 2019, unjuk rasa terkait isu Papua, dan unjuk rasa penolakan berbagai UU dengan jumlah massa sangat besar beberapa bulan terakhir ini,” tuturnya.

Kapolri juga mengapresiasi peran aktif Brimob dalam membantu penanganan dampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, menanggulangi konflik sosial di Papua dan Papua Barat, serta mendukung penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua sehingga stabilitas Kamdagri dapat senantiasa terkendali. Tidak lupa juga, ia mengucapkan selamat atas torehan prestasi para personel Korps Brimob Polri di berbagai event olah raga, khususnya kejuaraan menembak, sepak takraw, sepak bola, dan penugasan lain di luar negeri.

Baca Juga
Apresiasi Berbagai Keberhasilan Polri, Kapolri Terima Penghargaan Dari Menkeu dan Menkes

Dengan semboyan “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, Korps Brimob Polri berhasil menunjukkan pengabdian yang tulus sebagai Bhayangkara sejati yang tidak pernah ragu dalam menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Implementasi dari Program Kebijakan Promoter selama 3 tahun terakhir, telah menunjukan hasil yang signifikan yaitu meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri. “Oleh sebab itu, dalam masa kepemimpinan saya, program ini akan terus dilanjutkan. Keberlanjutan program tersebut akan saya perkuat melalui tujuh program prioritas, yaitu mewujudkan SDM yang unggul, pemantapan Harkamtibmas, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan, dan penguatan pengawasan,” kata Kapolri.

Sebagaimana tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Korps Brimob Polri Tahun 2019 ini, yaitu “Brimob Untuk Indonesia”, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, MH. juga mengingatkan kepada seluruh personel Polri akan tugas yang dihadapi diantaranya Operasi Lilin 2019, Pilkada Serentak tahun 2020 di 270 wilayah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota, serta PON ke-20 yang akan berlangsung di Papua.

Baca Juga
Panglima TNI : TNI Dukung Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Pada pelaksanaan Upacara dan Syukuran HUT Brimob Polri ke-74 juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Aneka Pristafuddin, MH. yang diserahkan kepada Dansat Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ardiyansyah Daulay, SIK., MH.

Pewarta: Daniel

Komentar

Berita Terkait