TNI dan Polri Bantu Kesulitan Air Bersih Warga di Lombok Pasca Gempa Bumi

Detiknews.id – Intalasi air bersih warga yang rusak dan tertimbun material longsor terdampak gempa bumi di daerah sekitar lereng gunung Rinjani berhasil di perbaiki oleh tim gabungan dari anggota TNI dan Polri yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) wilayah Sektor-2 Desa Selaru Kecamatan Bayan Lombok Utara pada Hari Rabu Sore (5/9/2018)

Menurut Dansektor-2 Kogasgabpad Kolonel Inf I. Wayan Sulanjana sebelumnya pipa sumber air bersih tersebut terputus akibat gempa bumi yang terjadi pada tanggal 29 Agustus 2018, semenjak itu masyarakat di enam desa di sekitar Kecamatan Bayan kesulitan air bersih. Untuk kebutuhan sehari hari air bersih sementara di pasok menggunakan mobil tangki air oleh personel TNI, Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), PMI dan Relawan secara bergantian.

Baca Juga
TNI Kembali Kirim Batalyon Kesehatan ke Lombok

“Semula masyarakat ketakutan, karena medan yang dilalui cukup ekstrem, harus melalui goa, dan lereng gunung yang terjal, setelah kita berikan pendampingan mereka bersemangat. Saya sampaikan kepada Kepala Dusun Bismilah irohmanirohim, kita berdoa mudah mudahan saat perjalanan menyusuri tebing dan melewati goa tidak terjadi gempa,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Kolonel Inf Wayan perjalanan saat meninjau lokasi saluran air yang terputus di sekitar lereng gunung Rinjani waktu tempuh kurang lebih 3 jam dengan berjalan kaki dari dusun terdekat. Medan yang cukup terjal dan curam mempengaruhi waktu perjalanan tim menuju lokasi dan juga harus melewati goa sepanjang 600 meter untuk memastikan pipa air yang ada di dalam goa juga tidak bocor.

Baca Juga
BNNP Jatim Musnahkan Sabu dan Ganja, Residivis Jaringan Lombok

“Setelah diketahui titik saluran yang rusak, esok harinya kita secara gotong royong dengan perlengkapan seadanya menyingkirkan batu-batu yang menimbun saluran air dan mengganti paralon yang rusak. Selama dua hari kita bekerja saling bahu membahu akhirnya air dapat mengalir sampai ke Desa Senaru dan akhirnya warga dapat menikmati air bersih kembali,” ungkapnya.

Sekretaris Desa Selaru Kecamatan Bayan Muhamad Edy (34) mewakili seluruh warga menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan relawan yang telah membantu memperbaiki instalasi saluran air bersih warganya.

“Selama satu bulan lebih kami tidak bisa menikmati air bersih karena salurannya terputus. Kami bersyukur dan berterima kasih kepada TNI, Polri, pemerintah dan relawan yang telah membantu, sekarang warga kami dapat menikmati air bersih kembali. Selanjutnya aliran air ini akan kita sambungkan ke empat gardu, melalui gardu tersebut nantinya akan dialirkan ke 15 dusun di sekitar kecamatan Bayan,” ucapnya.

Baca Juga
Atasi Krisis di Perbatasan RI-RDTL, Satgas Yonmek 741 Kirim Truk Air Bersih Bagi Warga Fatumuti

(D.Manurung)

Komentar

Berita Terkait