Tangkal Isu Penculikan Anak, Polres Gresik Patroli ke Sekolah

Detiknews.id Gresik – Maraknya isu penculikan anak melalui medsos maupun dari mulut ke mulut yang membuat warga resah sehingga bisa membuat iklim kamtibmas tidak kondusif. Dalam hal tersebut Polres Gresik menerjunkan jajarannya turun langsung seperti Unit Turjawali Sat Samapta untuk memberikan klarifikasi dan penyuluhan tentang isu tersebut.

Dalam kesempatan kali ini Unit Turjawali Sat Samapta Polres Gresik Bripka Rudy, pada Kamis (02/02) bertempat di TK Sunan Prapen memberikan penyuluhan dan edukasi kepada anak-anak, guru dan orang tua.

“Memberikan penyuluhan kepada anak-anak untuk lebih berhati-hati bila diajak oleh seseorang yang belum kenal sama sekali, memberikan penyuluhan kepada orang tua untuk kewaspadaan dalam hal pengawasan terhadap anak, maka kasus isu penculikan akan segera teratasi, dan keresahan dikalangan masyarakat luas,” ujar Bripka Rudy.

Baca Juga
Polres Gresik Dengar Keluhan Warga Telogopojok di Jum'at Curhat Kamtibmas

Ditempat terpisah Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom mengatakan untuk pihak sekolah setiap aktifitas murid di sekolah maupun ketika kegiatan pembelajaran luar kelas, hendaknya selalu dipantau oleh guru, sehingga sekecil apapun yang terjadi pada murid dapat diketahui dan tertangani, karena guru adalah orang tua bagi murid-murid

“Memaksimalkan peran guru piket ketika waktu pulang, entah guru piket berasal dari guru yang mengajar pada jam terakhir, ataupun guru khusus yang mendapat tugas khusus sebagai guru piket, sehingga setiap murid yang pulang dapat terekam kepulangannya, hal itu dapat didukung dengan presensi kepulangan,” ucap AKBP Adhitya.

Oleh karena itu, masyarakat Gresik harus cerdas dan bijak membaca serta mencerna berbagai informasi yang beredar.

Baca Juga
Tiga Penghargaan Sekaligus Diraih Polres Gresik Pada Upacara HUT Bhayangkara Ke-72

“Jangan mudah percaya sebelum mengetahui faktanya. Namun, waspada harus tetap dikedepankan,” urai mantan Kapolres Blitar.

Kasat Sat Samapta Polres Gresik AKP Sugeng Sulistyono menambahkan memperkuat keamanan sekolah melalui peran aktif satpam di sekolah, “Sehingga setiap orang yang datang ke sekolah dapat diketahui identitas, dan tujuannya, tentunya peran satpam ini bisa didukung dengan peralatan relevan,” tukasnya.

(D1)

Komentar

Berita Terkait