Sepuluh wajah Perempuan Tangguh Menghiasi Gedung Dewan Karo

Sepuluh wajah Perempuan Tangguh Menghiasi Gedung Dewan Karo

0 449

 

Detiknews.id Karo – Tiga Puluh Lima anggota DPRD Karo yang telah ditetapkan KPUD di Berastagi (22/7) yang digelar Pukul 09.00-13.00 WIB di Hotel Sinabung.Tercatat Sepuluh nama – nama Perempuan tangguh Menghiasi Gedung Parlemen Periode 2019-2024.

Dari 14 jumlah Peserta Partai yang berkompetisi di Pesta Demokrasi 17 April 2019 waktu yang lalu, Hanya 9 Peserta Partai yang berkompetisi memperoleh kursi di DPRD Karo dan diantara kesembilan tersebut yang berhasil menghantarkan anggota DPRD perempuan hanya beberapa diantaranya PDI Perjuangan mendapatkan 4 kursi Partai Gerindra 1 kursi, Nasdem 2 kursi, Hanura 1 kursi, ,Demokrat 2kursi, sementara partai yang belum berhasil menghantarkan perwakilan Perempuan adalah partai PAN GOLKAR, PKPI, dan partai Perindo berdasarkan Keputusan KPUD Karo sesuai dengan nomor 720/Kpt/1206/KPU-Kab/VII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Karo dalam pemilu 2019.

BUPATI KARO

Dan Sepuluh Perempuan Tangguh yang akan memperjuangkan Hak Emansipasi Perempuan Karo khususnya periode 2019-2024 berdasarkan Daerah Pemilihan dapil I (Karo 1) wilayah Kecamatan Kabanjahe mengahantarkan dua orang perwakilan perempuan

Adv PMS
ADV Korem 045 Garuda Jaya

Rehulina Br Tarigan (Nasdem) suara sah 3593
Purnama Monicilia Mas Tua Br Sagala (PDIP) suara sah 3347

sementara untuk dapilI (Karo 2) wilayah Kecamatan Tigapanah, Merek, Barusjahe dan Dolatrayat belum berhasil mendudukan perwakilan perempuan untuk periode saat ini.

Dapik III (Karo 3) wilayah Kecamatan Tigabinanga, Juhar, Laubelang dan Mardinding :
Iriani PDIP dengan Suara sah 4454
Diana Malona Matondang (Nasdem) suara sah 4079

Dapil IV (Karo 4) wilayah Kecamatan Tiganderket, Payung, Kutabuluh, Namanteran dan Munte mampu menghantarkan Tiga kursi perempuan Inolia Br. Ginting (Gerindra) suara sah 3636 Dra. Lusia Sukatendel, M. Sp (PDIP) suara sah 2534 Leny Puri Chlefes (Demokrat) suara sah 3405.
Dan disusul Dapil V (Karo 5) wilayah Kecamatan Berastagi, Simpang Empat dan Kecamatan Merdeka juga berhasil meraih 3 kursi untuk perempuan

Pujiati (PDIP) suara sah 4788
Herty Delima Purba, SE (Hanura) suara swah 3002 Nora Else Surbakti (Demokrat) suara sah 3230 .
Kehadiran kesepuluh Perempuan di Gedung Perlemen Karo , diharapkan mampu membawa perubahan dibumi Turang ujar Hormat Br Ginting (65) Salah satu tokoh perempuan Karo asal desa Perbesi Senin (22/7) pukul 17.65 WIB.
” Sentuhan Tangan Perempuan Karo nantinya kita harapkan membawa Perubahan dampak positif khususnya SDM Perempuan karo, karna jumlah perempuan Karo di gedung DPRD sepuluh orang hampir mendekati 30% , dan ini luar biasa dari tahun – tahun sebelumnya, ini menunjukkan bahwa kesetaraan Perempuan disegala aspek benar-benar tidak ada perbedaan”, ujar Br Ginting di sekitar tugu bambu runcing.
Semoga kedepannya kesepuluh anggota DPRD Perwakilan Perempuan tersebut mampu meningkatkan Kualitas dan kuantitas Perempuan Karo, dan membawa Angin segar untuk perubahan di Bumi Turang, Bangkit lah Wanita Karo, tebarkan Semangat Kartini guna perbaikan Tanah Karo simalem.(war)

- Advertisement -

Comments
Loading...