- Advertisement -

Sat Binmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok Berikan Pembinaan Kepada Pokdarkamtibmas

0 51

 

Detiknews.id – Dalam upaya menjalin kemitraan kamtibmas dan mencegah tingkat Kriminalitas di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono memerintahkan seluruh jajaran Polres/Polsek dalam melaksanakan kegiatan Pembinaan Pokdarkamtibmas. Menyikapi hal tersebut, dengan sigap, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold E.P Hutagalung melalui Kasat Binmas Akp Supriyadi memimpin kegiatan Pembinaan Pokdarkamtibmas yang diikuti kurang lebih 20 orang di Ruang Parama Laksana Lt.IV Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis, (28/02/2019).

Pembinaan masyarakat dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat akan kesadaran pentingnya menjaga kebinekaragaman, kemajemukan etnis, suku bangsa, agama, budaya dan adat istiadat serta norma kemasyarakatan.

DPD FERARI Jatim

Kasat Binmas Akp Supriyadi juga menjelaskan bahwa Pokdarkamtibmas adalah Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Tugasnya adalah sukarela membantu penegak hukum untuk mengamankan dan menertibkan masyarakat, seperti menyampaikan informasi / kejadian kepada polri / polsek terdekat baik gangguan kamtibmas, kriminalitas, bencana alam dan lain lain, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, konseling / problem solving dan membantu pengaturan lalu lintas.

Seperti adanya bantuan sosial dari dinas sosial berbagi sembako diharapkan Pokdarkamtibmas ikut membantu mengawasi, peduli lingkungan dan sampah, mari kita sama-sama mengkampanyekan bersih-bersih lingkungan, terkait kebakaran kapal, Pokdarkamtibmas diharapkan bantu menghimbau kepada masyarakat terkait Kamtibmas, dan untuk kartu anggota Pokdar Kamtibmas akan ditandatangani Pokdarkamtibmas Pusat, jelas Kasat Binmas Akp Supriyadi memberikan himbauannya.

Dia juga menjelaskan pada tanggal 18 Pebruari 2019 kemarin, Bapak Kapolda mengadakan kegiatan tatap muka dengan pokdarkamtibmas jajaran Polda Metro Jaya. Dalam kegiatan tersebut Kapolda Metro Jaya memberikan apresiasi kepada Pokdarkamtibmas karena ikut menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Selanjutnya, situasi sekarang ini sebagai tahun politik tahun 2019 sebagai tahun demokrasi diharapkan Pokdarkamtibmas harus netral juga, apabila memakai seragam Pokdarkamtibmas jangan sampai terpolarisasi berita Hoax.

Kasat Binmas AKP Supriyadi juga mengatakan tidak boleh terjadi gesekan atau perpecahan, tidak ada melakukan kampanye hitam, laporkan kepada panwascam di wilayahnya. Pokdarkamtibmas memiliki peran penting untuk menangkal berita Hoax dan ujaran kebencian, ada 147 juta lebih HP yang terhubung dengan internet untuk itu akan menjadi berbagai macam permasalahan, harapannya jangan sampai Pokdarkamtibmas sebagai penyebar berita Hoax, pungkasnya.

Jadi sebagai Pokdarkamtibmas harus bisa menjadi pendingin cooling system di Masyarakat. Harus segala sesuatunya dengan norma adat istiadat, jangan sampai pemilu ini menjadi pemecah belah bangsa, Indonesia negara yg luas diperkirakan 30 tahun kedepan bisa menguasai Nomor 5 di dunia. Harus dipahami ada pihak ketiga yang ingin memperkeruh situasi, sampaikan kepada masyarakat teman-teman Pokdar jangan sampai kita sebagai penyebar berita hoax harus menjadi pencerah kepada masyarakat.

TNI, Polri dan Pokdarkamtibmas menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, ujar Kasat Binmas Akp Supriyadi menyampaikan amanat Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Gatot Eddy Pramono kepada seluruh Pokdarkamtibmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas Akp Supriyadi bersama Ketua Pokdarkamtibmas Pelabuhan Tanjung Priok Bpk. H. M.Yusuf Yacub, Sekretaris dan Anggota Pokdarkamtibmas jajaran, Kanit Bintibmas Iptu Haryanto, Kanitbinpolmas Ipda Sunaryo, Kaurmintu Satbinmas Ipda Agus Setiarto, Para Kanit binmas dan Panitia binmas Polsek jajaran dan Para Bhabinkamtibmas Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Pewarta : Daniel

- Advertisement -

Comments
Loading...