oleh

Saluran Irigasi Jebol, Warga Nagori Lumban Gorat Berharap Segera Diperbaiki

Print This News

Detiknews.id, Simalungun -Saluran irigasi (Bah Paneasi) di Dusun Mallopot, Nagori Lumban Gorat, Kecamatan Dolok Panribuan jebol sepanjang 20 meter hingga kedalaman 4 meter sejak beberapa bulan yang lalu, namun hingga saat ini belum diperbaiki oleh Pemkab Simalungun melalui dinas terkait.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Akibat jebolnya saluran irigasi tersebut aktifitas pertanian warga menjadi terkendala karena sumber air untuk mengaliri persawahan sama sekali tidak ada.

Seperti dikatakan S Naibahao warga setempat menyampaikan sejak jebolnya irigasi tersebut aktifitas warga untuk bertani menjadi terkendala. Bahkan lahan persawahan warga yang sudah sempat diolah (dijetor) terpaksa dialihkan kelahan darat akibat sumber air yang tidak ada untuk mengairi persawahan, ungkap Naibaho, Jumat (25/9/2020).

Kami sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas terkait agar segera memperbaiki saluran irigasi tersebut, sebab puluhan hektar lahan pertanian warga sumber airnya dari saluran irigasi tersebut, ujar Naibaho.

“Kami berharap saluran irigasi yang jebol ini segera diperbaiki, supaya aktifitas pertanian kami kembali lancar”

 

Sementara itu Pangulu Nagori Lumban Gorat Saripuddin Turnip ketika dimintai tanggapannya terkait saluran irigasi yang tersebut mengatakan sudah meninjau dan melaporkan ke dinas terkait.

“Saluran irigasi tersebut jebol sejak beberapa bulan yang lalu dan langsung kita tinjau. Kita juga sudah laporkan ke dinas terkait.

Saya sebagai Pangulu (Kepala Desa) berharap kepada Dinas terkait agar segera memperbaiki saluran irigasi tersebut supaya aktifitas warga kembali seperti dulu. Apalagi ditengah kesulitan ekonomi saat akibat covid-19, tentu warga saya yang umumnya sebagai petani berharap dari hasill pertanian dalam menunjang perekonomian warga, ucap Pangulu.

Terpisah Kepala UPT PSDA Kecamatan Dolok Panribuan Junita Sinaga ketika dikonfirmasi via selulernya mengatakan sudah mengetahui dan sudah meninjau terkait saluran irigasi yang jebol di Nagori Lumban Gorat.

“Iya, sudah kita tinjau dan sudah kita laporkan ke dinas, namun untuk realisasinya kita tidak bisa pastikan. Kalau sudah ada petunjuk dari dinas nantinya akan langsung kita realisasikan, katanya.[]

Info KPU Karo DIRGAHAYU TNI 75
Header

Komentar

Berita Terkait