Pramuka Tuna Rungu Disambut Wakil Ketua DPRD Tangerang

Detiknews.id.Tangerang – Anggota Pramuka Tuna Rungu disambut langsung Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang H Dedi Sutardi yang masih berada di ruang kerjanya, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Kamis (4/4/19).

Anggota Pramuka luar biasa cacat Tuna Rungu, asal Makassar Sulawesi Selatan, Imbar Bachtiar menuturkan keinginannya berkeliling Indonesia dan bahkan luar negeri.

Imbar pun sempat menunjukan daftar kunjungan ke beberapa provinsi yang telah dikunjungi di nusantara, sejak tahun 2013 silam hingga sampai dengan sekarang tahun 2019.

Selanjutnya Imbar dipersilahkan Dedi untuk beristirahat dan menyantap makanan serta minuman yang telah disajikan, sambil berbincang seputar pengalaman keduanya, yang sudah melakukan perjalanan untuk berkeliling nusantara.

Sebelum melakukan kunjungan ke daerah luar pulau Sulawesi, terlebih dahulu Imbar kunjungi provinsi yang berada di pulau Sulawesi, dengan menemui Kepala Pemerintahan setingkat gubernur, wagub, bupati, walikota, kapolres, kapolsek dan bahkan beberapa kepala dinas serta kepala Kejaksaan di beberapa wilayah yang dikunjunginya.

Dedi mengapresiasi atas kegigihan dan jiwa semangat Bapak Pramuka dari Makassar, meskipun tuna rungu, tak membuat dirinya malu. Ia berbicara dengan bahasa isyarat, kadang ia menulisnya  dengan secarik kertas, guna mempertegas komunikasi dengan beberapa orang yang dijumpainya.

“Meski gunakan bahasa isyarat, komunikasi Imbar ini berjalan lancar. Dan dengan sabar saya mampu untuk pahami apa yang disampaikannya, anggota dia datang untuk bersilaturahmi dan minta dukungan moril, untuk capai nusantara,” terangnya.

DPRD Kabupaten Tangerang akan terus mengayomi dan mendorong orang seperti mereka agar tetap eksis dan semangat dalam berkarya, sehingga menjadi pembelajaran yang sangat positif, terutama kepada para generasi muda yang tidak memiliki kekurangan fisik seperti mereka.

“Kami selalu dekat dengan rakyat, dan kita tidak lihat dari fisik atau kekurangannya. Semangatnya patut kita apresiasi dan dukung. Tentu jadi pembelajaran serta motivasi bagi anggota Pramuka lain, yang ada di wilayah kita ini khususnya,” ungkap Dedi.

Kepada Dedi, anggota Pramuka tuna rungu ini memperlihatkan beberapa bukti dokumentasi, dan keterangan dari beberapa kantor serta instansi yang sudah dikunjungi, juga menunjukkan surat keterangan tempat yang mereka singgahi.

“Mereka kasih unjuk kekami foto dokumentasi, tersusun rapih dalam bentuk album, dan ada juga beberapa di handphone,” lanjutnya.

Anggota Pramuka Tuna Rungu ini juga berfoto bersama Dedi. Tidak hanya itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang juga memberikan Cenderamata berupa pelakat untuk kenang-kenangan Imbar Bachtiar.

“Semoga mereka dapat selesaikan perjalanannya dengan lancar, dan aman serta tetap semangat bawa nama baik Pramuka di seluruh tanah air Indonesia,” pungkasnya. (igor tisna).

Komentar

Berita Terkait