Prajurit Korem 045 Garuda Jaya Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Detiknews.id,Pangkalpinang — Kegiataan Latihan Penanggulangan Bencana Alam dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam II/Swj yang di laksanakan oleh Jajaran Prajurit Korem 045/Gaya bertempat di Taman Mandara Jalan M Toyib, Kelurahan Kacang Pedang, Kecamatan Tamansari, Kota Pangkalpinang,Jumat (06/12/2019).

Dalam kesempatan ini Kasiops Korem 045/Gaya, Mayor Arh Rimba Anwar kepada awak media mengatakan,” Maksud serta  tujuan dari kegiatan  yang dilaksanakan yaitu untuk melatih kemampuan Prajurit Korem 45/Gaya khususnya dan memberi bantuan kepada pemerintah daerah apabila ada bencana,”Terangnya.

“Latihan ini memang kita sengaja buat untuk untuk melatih sinergitas antara Korem 045/Gaya dengan pemerintah setempat apabila kita terjadi bencana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

Baca Juga
Stand Pemkot Pangkalpinang Nihil Diacara SAIK 2019 "Ini Penjelasan Walikota

Latihan yang digelar ini berupa latihan evakuasi, penyelamatan serta mengembalikan  situasi dan kondisi masyarakat yang terkena musibah kaena bencana alam.

“Peran TNI sendiri seperti yang diatur dalam undang undang nomor 34 tahun 2004 mengenai perbantuan TNI kepada pemerintah daerah,” katanya.

Lebih lanjut Kasiops Korem 045/Gaya, Mayor Arh Rimba Anwar
mengatakan,” Operasi militer selain perang, TNI ikut membantu pemerintah daerah apabila terjadi bencana alam kita wajib memberi bantuan apabila diperlukan pemerintah daerah,” Imbuhnya.

“Mengenai perlengkapan khusus yang diperlukan apabila ada bencana, pihak kita berkoordinasi dulu dengan pihak SAR dan BPBD, serta mengenai masalah Tim medis kita berkoordinasi dengan dinas Sosial juga dinas Kesehatan,” paparnya.

Baca Juga
Prof. DR. KH. ma'ruf Amin Melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pesantren AN Nawawi Tanara 2

Kasiops Korem 045/Gaya, Mayor Arh Rimba Anwar menerangkan,” Pihaknya tidak bisa berdiri sendiri apabila ada bencana alam, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi, kita harus bersinergi dengan pemerintah setempat,”Ungkapnya

“Harapan dengan terselenggara rangkaian kegiatan penanggulangan bencana alam ini, sewaktu waktu ada bencana kita sudah siap dan harus berkoordinasi apa, siapa serta berbuat seperti apa serta saling berkoordinasi, tetapi kita tidak berdoa untuk terjadi bencana,”katanya.

Sementara itu, Letkol Kav Joko Sunarto selaku perwakilan dari Kodam II Sriwijaya mengatakan, tugasnya mengawasi pelaksanaan latihan penanggulangan yang dilaksanakan Korem 045/Gaya.

“Saya pribadi melihat atau menilai tadi saya sudah keliling mulai dari penyelamatan sampe dengan evakuasi termasuk juga penyiapan logistik saya melihat pelaksanaan latihan ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga
Forkoda CDOB Bangka Utara Datangi DPRD Babel

Korem sudah menyiapkan dengan baik dan maksimal, koordinasi dan sinergitas dengan pemerintah sudah berjalan bagus. (rey/adi)

Sumber : Penrem 045/Gaya

Komentar

Berita Terkait