Perhutani Silaturahmi ke Polda Jatim Perkuat Sinergitas Lintas Sektor

Kadivre Perhutani Jatim

Detiknews.id Surabaya – Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur (Divre Jatim) Asep Dedi Mulyadi melakukan kunjungan silaturahmi untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi ke Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), Rabu (21/02).

Dalam kunjungannya tersebut Asep Dedi Mulyadi yang didampingi oleh Kepala Departemen PPSDH dan Produksi Gunawan Sidik Permana, Kepala Departemen SDM Umum, Keu & IT Wahyudin dan Sekretaris Divisi Regional Jatim Akhmad Faizal diterima oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto.

Nampak hadir pula jajaran dari Polda Jatim antara lain, Dirreskrimsus Kombes Pol Luthfie Sulistiawan Kabidkum Kombes Pol Dr. Sugeng Riyadi, Wadirbinmas AKBP Darman, Kasubdit Tipiter Irwan Kurniawan AZ.

Baca Juga
Komunikasi Sosial Memperkuat Silaturahmi Dengan Masyarakat

“Sinergitas antara instansi pemerintah seperti Perhutani dan Kepolisian sangat penting dalam menjaga kelestarian hutan dan lingkungan serta menegakkan hukum terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di kawasan hutan,” kata Asep.

Menurutnya Kunjungan silaturahmi ini menunjukkan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menjaga keamanan hutan juga kerjasama yang baik antara Perhutani dan Kepolisian, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang aman dan kondusif bagi masyarakat serta kelestarian hutan dapat terjaga dengan baik.

Dalam pertemuan tersebut juga sempat dibahas beberapa rencana kerjasama yang penting untuk pengembangan dan peningkatan kualitas di beberapa bidang seperti peternakan sapi di area-area tertentu pada lahan seluas 50 ha di ketinggian 700 meter dari permukaan air laut (mdpl).

Baca Juga
Polda Jatim-PT. Semen Indonesia Jaga Stabilitas Stok dan Harga di Jawa Timur

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto mengatakan kemungkinan juga adanya rencana untuk mengembangkan sektor pariwisata dan agroforestri di wilayah yang dikelola oleh Perhutani.

“Ini bisa mencakup pengembangan tempat wisata alam yang berkelanjutan serta pemanfaatan lahan hutan untuk kegiatan agroforestri yang memadukan pertanian dengan kegiatan kehutanan yang berkelanjutan,” ujarnya.

Selain itu Polda Jatim juga akan menjalin kerjasama dengan Perhutani tentang kemungkinan adanya program pembinaan dan pelatihan secara berkala bagi Polisi Hutan (Polhut).

“Pelatihan ini bisa mencakup berbagai aspek, termasuk peningkatan kemampuan penegakan hukum, pengetahuan tentang hukum lingkungan, dan teknik investigasi dalam penegakan hukum kehutanan,” ungkap Irjen Pol Imam Sugianto.(D1)

Komentar

Berita Terkait