Perhutani KPH Malang Bersih-bersih Pantai Sendang Biru

Detiknews.id Malang – Perum Perhutani KPH Malang dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tanggal 5 Juni 2023, menggelar bersih Pantai Sendang Biru. Senin (05/06/23).

Hadir dalam giat, Inugraha selaku Kasi Produksi dan Ekowisata Perhutani KPH Malang, mewakili Administratur (ADM) Perhutani KPH Malang, Loesy Triana, Asper Sumbermanjing dan jajaran, beserta pengelola wisata.

Loesy Triana menerangkan lokasi wisata KPH Malang sangat banyak, mulai kawasan pegunungan hingga pantai dan hal itu harus dijaga kelestarian dan kebersihannya.

“Sering kali keindahan lokasi wisata terganggu dengan sampah dan itu harus diperhatikan. Dengan menggerakkan masyarakat dan pengelola wisata untuk bersih – bersih di lokasi wisata menjadi salah satu kepedulian sedekah alam dalam rangka memeriahkan hari lingkungan hidup,” ujarnya.

Bersih – bersih di pantai Sendang BiruĀ  menjadi salah satu bentuk edukasi kepada pengunjung wisata untuk lebih peduli membuang sampah pada tempatnya, ucap Loesy.

ADM Perhutani KPH Malang ini juga mengatakan kegiatan hari ini menindaklanjuti pertemuan koordinasi di kelurahan Songgokerto Batu beberapa waktu lalu.

“Menindaklanjuti surat dinas PUPR No. 600/511/422.108/2023perihal undangan rapat koordinasi dari dinas PUPR kota Batu terkait perempesan cabang/ ranting pohon yang menghalangi pandangan rambu – rambu jalur keselamatan rem blong di Jalan Rajekwesi Klemuk desa Songgokerto kota Batu,” katanya.

Loesy juga menerangkan setelah rapat koordinasi langsung dilaksanakan pemeriksaan lapangan di jalur Klemuk oleh Tim pemkot kota Batu (Dinas PUPR, Dishub, Distan), petugas kecamatan Batu, petugas kelurahan Songgokerto dan Perhutani.

“Hasil pengecekan lapangan didapat hasil ada 2 pohon jenis anggrung yang harus dilakukan penebangan karena pohon tersebut sangat rawan tumbang dan juga menghalangi jalur keselamatan rem blong,” imbuhnya.

Akan ada perempesan cabang/ ranting jenis pohon Lo sebanyak 20 pohon yang menjalar ke jalan dan sangat mengganggu pandangan rambu – rambuĀ  lalu lintas jalan jalur Klemuk, dan akan dilakukan pembabatan semak -semak pinggir jalan yang mengganggu pandangan jalan. Dan hari ini semua dikerjakan, tambah Loesy. (D1)

Komentar

Berita Terkait