Pererat Hubungan, Indobatt Konga UNIFIL Gelar Latihan Bersama FCR Prancis di Lebanon

Detiknews.id – Dalam rangka mempererat hubungan antar kedua kontingen, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda untuk Lebanon, menggelar Latihan Bersama dengan tentara pasukan FCR (Force Commander Reserve) dari Kontingen Perancis.

Tersebut disampaikan Dansatgas Indobatt, Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya dalam rilis tertulisnya di Lebanon, Senin (8/4/2019).

Arfa mengatakan bahwa latihan bersama itu melibatkan 49 personel yang terdiri dari 22 Personel Indobatt dan 27 Personel perwakilan dari FCR.

Sedangkan pelaksanaan latihan itu berlangsung selama selama 5 hari (1 s.d. 5 April 2019) lalu, bertempat di wilayah daerah Operasi Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan, yang dipimpin langsung oleh dirinya sebagai Dansatgas Indobatt.

Baca Juga
Prajurit TNI Yonif 125/Simbisa Ikut Membantu Proses Pemakaman Warga

“Latihan bersama dimaksudkan untuk mempererat persatuan antar kontingen pasukan perdamaian (Indobatt dan FCR) yang sedang melaksanakan tugas sebagai peacekeepers dalam misi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) di Lebanon,” ungkap Arfa.

“Latihan ini bertujuan untuk berbagi informasi, sekaligus meningkatkan kemampuan masing-masing negara guna bersama-sama menjaga misi perdamaian di Lebanon Selatan,” tambahnya.

Lulusan Akmil 2002 ini pun menjelaskan bahwa materi yang dilatihkan dalam latihan bersama ini diantaranya latihan menembak di lapangan tembak yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, dilaksanakan pengenalan Alutsista yang digunakan dalam latihan, meliputi Aloptik, Alkom, Senjata dan kendaraan tempur dan lain-lain.

Kemudian, ungkap Arfa, kedua Kontingen itu latihan melaksanakan patroli bersama baik menggunakan kendaraan tempur maupun dengan berjalan kaki.

Baca Juga
Dua Prajurit TNI Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Jadi Guru di Maluku Tengah

Para peserta latihan bersama, ungkap Arfa, juga di berikan materi tentang kesehatan guna memberikan pertolongan pertama saat terjadi insiden. Kemudian latihan Crowd Riot Control (CRC), serta latihan ketangkasan yang diakhiri dengan kegiatan bela diri militer dan olahraga bersama.

“Seluruh materi diberikan secara bergantian baik dari Satgas Indobatt maupun FCR, sehingga masing-masing saling bertukar informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan seluruh peserta,” tutur Letkol Arfa.

Sementara itu, Kapten Steven selaku komandan Kompi dari FCR merasa sangat bangga dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Satgas Indobatt yang memberikan sambutan yang begitu hangat terhadap seluruh anggotanya.

Ia pun mengatakan bahwa latihan bersama ini tentunya sangat berguna untuk menjadi pedoman kami dalam melanjutkan tugas sebagai penjaga perdamaian.

Baca Juga
Prajurit TNI Gelar Lomba Mewarnai di Camp Pengungsian Sulteng

Pewarta : Daniel

Komentar

Berita Terkait