oleh

Melawi Panen Padi Varietas Lokal Tuah, Capai 3,2 ton/hektar di Desa Domet Bersatu

Print This News Print This News

MELAWI,detiknews.id- Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Melawi, Oslan Junaidi, menghadiri undangan Kelompok Tani (Poktan) Bulai Bersatu Desa Domet Permai Kecamatan Ela Hilir, guna melaksanakan panen bersama, Rabu (26/08/2020).

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Acara panen tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Melawi Ny Nurbetty Eka Mulyastri Panji, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi dan LO Dandim 1205/Sintang serta Camat Danramil dan kapolsek Ella hilir.

Potensi lahan seluas 108 hektar dan yang sudah dikelola oleh 8 Poktan seluas 140 hektar.”Pada musim tanam gadu tahun 2020 ini bisa di tanam seluas 29 hektar.

“Panen dilakukan di areal sawah seluas 5 hektar. Dengan hasil 3,2 ton per hektar gabah basah. Dengan menggunakan varietas padi lokal yang diberi nama TUAH.”ujar Oslan Junaidi.

Pak Coy sapaan akrab kadis tankan ini juga menuturkan, panen padi ini membuktikan semangat masyarakat kelompok tani untuk menanam padi cukup tinggi. “Harapan kita dengan lahan yang sangat terbatas ini, melalui intensifikasi, produktivitas bisa meningkat dan menghasilkan padi yang unggul,” katanya.

Bahkan, Ia pun sangat mengapresiasi semangat para petani khususnya Poktan Bulai Bersatu yang telah berkontribusi terhadap ketersediaan pangan di Kabupaten Melawi.

“Keberhasilan ini semua tidak terlepas daripada kegigihan petani dan support dari pak Bupati Melawi, Panji serta ketua TP PKK Melawi ibu Astri sapaan akrabnya dan semua pihak serta bimbingan dari jajaran dinas pertanian, terutama para PPL,” imbuhnya.

Dalam ksempatan itu juga,Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Distankan
Serahkan bantuan bibit sayur sayuran,h kepada Kelompok Wanita Tani ( KWT)
Jasa Tani Kartini desa Dompet Permai kecamatan Ella Hilir.”Wanita Tani adalah penjaga ketahanan pangan keluarga yang Konsisten (A.M)

 

DIRGAHAYU TNI 75

Komentar

Berita Terkait