Laznas BMH Sambang Warga Eks ODGJ untuk Distribusi Hewan Qurban

Detiknews.id Kota Batu – Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Jawa Timur meninjau langsung lokasi penyaluran hewan Qurban 1444H. Salah satu lokasi yang menjadi prioritas kali warga di Dau, Malang untuk mantan penderita gangguan jiwa (ODGJ).

Rencana distribusi daging Qurban ini diberikan kepada Eks ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) di Dau Kota Batu. Harapannya mereka bisa merasakan nikmatnya lebaran Idul Adha nanti. “Khusus untuk pembagian kepada eks ODGJ ini nanti kami bekerjasama dengan para kader sehat jiwa dan didukung oleh Tim dari Puskesmas Dau,” ujar Imam Muslim, Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Jawa Timur.

Rencana dalam penyaluran daging Qurban akan diberikan secara door to door, yakni dari rumah ke rumah penerima manfaat langsung.

Sementara itu Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Jatim, Imam Muslim mengatakan bahwa LAZNAS BMH mencoba mencari penerima manfaat Qurban yang benar-benar membutuhkan. Program yang digelar setiap momentum Idul Adha ini tersebut menyusur masyarakat miskin yang tinggal di daerah pedesaan.

“Data kemiskinan, kerawanan gizi, dan rawan bencana memang secara umum mengintai masyarakat yang tinggal di pedesaan, melalui Qurban masyarakat bisa ambil kepeduliannya kepada mereka,” ucap Muslim.

“Hewan Qurban yang kami distribusikan nanti juga berasal dari peternak setempat, sehingga hal ini memiliki multi efek baik yang nyata,” kata pria kelahiran Ponorogo tersebut.(D1)

Komentar

Berita Terkait