- Advertisement -

Lantamal lll Jakarta Lakukan Penanaman Pohon Mangrove dan Lepas Benih Ikan Bandeng di Posal Tanjung Pasir

0 71

Detiknews.id.Tangerang – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) lll Jakarta, melakukan penanaman 16, 250 pohon mangrove jenis api-api dan bakau, serta melepas 70.000 benih ikan bandeng, di Posal Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Jumat (28/6/19).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka serbuan teritorial   penanaman, dan budi daya ikan tahun anggaran 2019, yang dipimpin Danlantamal lll Jakarta, dihadiri Kadis Lantamal lll,  Dansatradar Tanjung Kait, Kapos  Satrudal TNI AU Teluknaga, Kapolsek dan Wakapolsek Teluknaga, beserta para undangan lainnya.

“Tadinya pohon api-api dan bakau mau kita tanam ditepi laut, akan tetapi takut tidak tumbuh, akhirnya kita tanam ditepi tambak ikan yang luasnya hampir 10 hektar, di Posal Tanjung Pasir,” kata Danlantamal lll Jakarta, melalui Kadispotmar, Letnan Kolonel (P) Agus Djatmiko.

DPD FERARI Jatim

Agus mengatakan, bahwa kegiatan dilakukan secara serentak dari jajaran Koarmada l dan Lantamal, menjaga kelestarian alam serta membudidayakan ikan bandeng, untuk membantu masyarakat yang berada ditepi pantai.

“Ini adalah serbuan teritorial penanaman dan budi daya ikan, yang kami adakan serentak di Lantamal 1, 2, 3, 4, dan 12, semuanya ada 5 Lantamal, tujuan kami bantu pemerintah perbaiki lingkungan pesisir, dan dukung kesejahteraan warga yang ada dipesisir,” ucapnya.

Agus menyebut kegiatan tersebut berencana akan dilakukan rutin setiap setahun sekali, karena ia melihat masih banyak lahan-lahan pesisir yang belum mendapatkan perawatan dan bantuan penanaman pohon bakau serta benih ikan bandeng, dari Lantamal lll Jakarta, seperti yang dilaksanakan di Posal Tanjung Pasir.

“Semoga giat ini bisa berlanjut lagi selamanya, karena masih ada lokasi yang belum kita sentuh ditempat-tempat lain, seperti daerah Tanjung Kait, kita berharap semua pesisir bisa dilakukan seperti ini, supaya bisa terawat dengan rapih, dan bermanfaat untuk warga sekitar,”  ujarnya.

Selain itu, Agus juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan pesisir agar terus terjaga kelestariannya, dan terhindar dari pengikisan alam akibat bencana, seperti yang terjadi didaerah-daerah lain beberapa waktu yang lalu.

“Saya ingin masyarakat bisa jaga dilindungi pesisir dari abrasi, budidayakan benih-benih ikan, dan lindungi kearipan lokal, serta mancing masyarakat untuk miliki sehingga dia dapat bantu lestarikan alam, disamping itu untuk kemanunggalan TNI, khususnya Angkatan Laut dengan rakyat,” tandasnya.

- Advertisement -

Comments
Loading...