KPw BI Jatim Gelar Festrip 2023, Tumbuhkan Minat Generasi Muda Baca Buku

Detiknews.id Surabaya – Festival Literasi Perpustakaan (Festrip) 2023 diadakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim). Kegiatan berada di Perpustakaan BI Jatim, Surabaya.

KPw BI Jatim menumbuhkan minat generasi muda untuk membaca buku dengan tema “Memperkuat Literasi Tingkatkan Kualitas Generasi”.

“Kegiatan pagi ini kami singkat Festrip 2023, pertama untuk menggaungkan kembali semangat membaca pada generasi muda di Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya,” ujar Kepala KPw BI Jatim, Doddy Zulverdi saat diwawancarai awak media di sela kegiatan. Sabtu, (25/11/2023)

Bank Indonesia memanfaatkan perpustakaan yang dimiliki, begitupun sudah mendapat sertifikat A tertinggi untuk Kategori Perpustakaan. Pihaknya mengoptimalkan fungsi perpustakaan ini, karena sebelumnya pada masa pandemi Covid-19 ditutup.

“Kami hidupkan lagi, kami rapikan kualitas dan jumlah koleksi buku, dan juga terbatas jumlah buku yang dikumpulkan, karena ada juga fasilitas perpustakaan online yang telah kami sediakan,” tambah Doddy.

Bank Indonesia Jatim ingin berkontribusi, terus mendorong anak muda, anak untuk membaca secara fisik maupun online nanti. BI Jatim akan terus menggaet minat baca anak muda, dengan mengoptimalkan adanya Bedah Buku, Talkshow, dan lomba-lomba.

“Target kepada Genbi paling utama untuk generasi muda di lingkup perguruan tinggi, paling muda di SMP dan SMA. Karena fasilitas lengkap ada untuk perguruan tinggi, akademisi berbasis pengetahuan tinggi untuk anak-anak, ada semua disini mengcover kebutuhan semua umur dalam minat membaca,” urai Alumnus Columbia University ini.

Di sisi lain, zaman sekarang yang anak muda lebih suka melihat/menonton daripada membaca. Menurut Doddy, padahal sensasi kedalam membaca itu lebih membangkitkan menggali pengetahuan dan keilmuan.

“Oleh karena itu, kami juga tidak menghambat kemajuan teknologi, namun kami terus berupaya “memaksa” anak muda untuk rajin membaca, melalui lomba-lomba, konten medsos BI Jatim yang kita selipkan untuk mendorong hal-hal anak muda rajin membaca. Kita jalankan program seperti ini (Festrip -red) dan rutin. Festrip 2023 dibuka pada hari Senin-Sabtu. Ayo manfaatkan dan ramaikan,” ajak Alumnus Unpad ini. (M9)

Komentar

Berita Terkait