Kowartas Gelar Deklarasi di Tangsel

0 68

Detiknews.id.Tangerang – Komunitas Wartawan Tangerang Selatan (Kowartas) menggelar deklarasi dan penanda tanganan yang diikuti 50 anggota berbagai media, di Cafe’in Pamulang, Tangsel, Sabtu (16/3/19 ) siang kemarin.

Sebagai wadah yang menaungi media cetak dan oline, Kowartas membina anggotanya agar memberikan informasi
yang layak, berkualitas, ilmiah, tepat, akurat, benar dan bertanggung jawab.

Ketua Deklarasi Kowartas, Ivan mengatakan, dengan dibentuknya wadah jurnalist untuk bisa meningkatkan semangat kebangsaan
kesetia kawanan, sosial, dan kesadaran kepada sejarah bangsa, serta memiliki idealisme yang kuat, independent dan  mampu memerangi berita hoax

BUPATI KARO

“Kami bentuk wadah ini semata ingin ciptakan kebersamaan yang kental, bisa  saling berikan inovasi, bukan lagi individu, dan bisa ciptakan komunikasi serta melawan kabar bohong,” harapnya.

Adv PMS
ADV Korem 045 Garuda Jaya

Jaringan Pengawas Kinerja Pemerintah (JPKP), Erick Hardson mengatakan, ide pembentukan komunitas seperti ini sangat bagus sekali, selain untuk mempersatukan insan pers, bisa juga mempermudah mendapat informasi publik yang saat ini sulit mencari informasi yang failed.

“Adanya wadah ini untuk persatukan para jurnalist, mari kita jadikan kekuatan media independen, wartawan itu dilindungi UU no 40 tahun 1999, tidak boleh dihalangi saat lakukan tugas tupoksinya, untuk buka mata para pelayan publik agar transfaran,” lugasnya.

Ketua Umum Kowartas, Sugiarto berharap organisasi yang telah dibentuknya bisa saling menjaga kebersamaan antar insan pers, dan tidak ada keberpihakan dalam membuat sebuah berita, dimedianya masing-masing, serta berdasarkan bukti fakta yang terjadi dilapangan.

“Semoga nanti kowartas ini tetap bisa kompak, independen, dan netralitas, dalam tiap pemberitaan, sehingga tidak ada lagi hoax dimedia kita,” harapnya.

Kowartas adalah sebuah wadah insan pers dari berbagai media di Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya, dengan dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta UU Nomor 40 Tahun 1999, Tentang Pers dan Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI). (ivan)

- Advertisement -

Comments
Loading...