Korem 084/BJ Buka TMMD ke-115 Secara Serentak di Gresik dan Pamekasan

Detiknews.id, JATIM – Upacara pembukaan TMMD ke 115 TA. 2022 Korem 084/BJ dilaksanakan secara serentak pada hari ini di dua Kabupaten yakni di Gresik dan Pamekasan. Selasa (11 Oktober 2022).

Upacara pembukaan TMMD ke 115 TA. 2022 Kodim 0817/Gresik digelar di halaman kantor Pemkab Gresik Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No. 245 dengan Inspektur upacara Bupati Gresik H. Fandi Akhmad Yani, S.E. yang dihadiri oleh Kasrem 084/BJ Kolonel Inf H. Sugiyono, S.Sos., M.SI., Pa Ahli bidang OMSP Kolonel Inf Yudo Wasono, Forkopimda Kab. Gresik, Dandim 0817/Gresik, para Dandim wilayah Kota Surabaya, dan para Kepala Dinas Kab. Gresik.

Dalam amanatnya Bupati mengatakan, “Melalui TMMD ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat guna pemerataan pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat pedesaan dan upaya peningkatan sumber daya manusia, sebab proses perencanaan TMMD selalu melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD,” terang Bupati.

Baca Juga
Danrem 084/Bhaskara Jaya Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan

Di wilayah Kodim 0817/Gresik TMMD dilaksanakan di Desa Kramat, Kecamatan Bungah dengan sasaran fisik berupa pembangunan pembuangan air, pavingisasi jalan lingkungan, rehab tembok penahan tanah, pembangunan drainase, penerangan jalan umum dan rehab rumah keluarga kurang mampu.

Sedangkan di wilayah Kodim 0826/Pamekasan upacara pembukaan digelar di lapangan Pemkab Pamekasan Jl. Kabupaten No. 107 Pamekasan. Bertindak sebagai Irup Bupati Pamekasan H. Badrut Tamam, S.Psi., M.H.P. Hadir pada upacara pembukaan TMMD Kab. Pamekasan tersebut Danrem 084/BJ Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M., Forkopimda Kab. Pamekasan, LO AU Kolonel PNB Ketut, Pabandya Puanter Sterdam V/Brw, Kasiter Kasrem 084/BJ, Sekda Kab. Pamekasan, Dandim 0826/Pamekasan, Kasdim 0827 dan Kasdim 0828 dan para Kepala OPD Kab. Pamekasan.

Baca Juga
Ajenrem 084/BJ Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI AD

Dalam sambutanya, Bupati Pamekasan mengatakan, “Solusi Pemerintah Kab. Pamekasan dalam upaya percepatan pembangunan serta menggugah partisipasi aktif masyarakat dalam membangun desanya adalah melalui TMMD, karena dengan kegiatan ini dapat menimbulkan kesadaran baru akan pentingnya kebersamaan antara TNI dan masyarakat. Nilai-nilai semangat gotong-royong sebagai budaya bangsa kita ada di dalam TMMD ini,” tandas Bupati.

Masih kata Bupati Pamekasan, Dengan semangat Kemanunggalan TNI Rakyat pada akhirnya bermuara pada rasa kebersatuan dan kesatuan bangsa yang kokoh sebagai modal utama kesinambungan pembangunan Nasional, tukasnya.

Di Kodim 0826/Pamekasan TMMD berada di desa Bujur Barat, Kecamatan Batumarmar dengan sasaran kegiatan pembuatan jembatan komposit, makadam dan pengaspalan jalan serta renovasi RTLH. Kemudian sasaran non fisik di kedua wilayah tersebut antara lain penyuluhan pertanian, Narkoba, wawasan kebangsaan, stunting dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Baca Juga
Danrem 084/BJ Kunjungan Kerja ke Wilayah Kodim 0828/Sampang

Disela-sela kegiatan tersebut Danrem 084/BJ menyampaikan, “Kepada para Dandim jajaran Korem yang melaksanakan TMMD ke 115 tahun 2022 agar memaksimalkan pengerjaan sasaran di wilayahnya masing-masing, tepati waktu dan jaga faktor keamanan serta laksanakan koordinasi dengan seluruh instansi terkait sehingga pelaksanaanya dapat berjalan dengan lancar,” kata Brigjen TNI Terry.

Masih kata Danrem, Sesuai Tema TMMD ke 115 ini yaitu TMMD DEDIKASI TERBAIK MEMBANGUN NKRI, maka saya tekankan kepada para Dandim agar amanah ini benar-benar dijunjung tinggi sebagai bentuk pengabdian TNI kepada bangsa dan negara yang kita cintai, pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Delapan Wajib TNI, sehingga tidak terjadi pelanggaran sekecil apapun sampai pelaksanaan TMMD selesai dilaksanakan, tuturnya.(M9)

Komentar

Berita Terkait