Koarmada II Peringati Hari Ibu Ke-90

Detiknews.id – Kepala Staf Koarmada II (Kaskoarmada II) Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E, M.M. selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke- 90 tahun 2018, mewakili Panglima Koarmada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.,M.Si.,  dengan mengusung tema “ Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II. Surabaya.

Sebelum dibacakan amanat terlebih dahulu dibacakan Sejarah singkat Hari Ibu.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA., yang dibacakan oleh Kaskoarmada II menyampaikan, bahwasanya Hari Ibu Indonesia lahir dari pergerakan Bangsa Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Danguspurla Koarmada II, para Asisten Koarmada II, para Kasatker dan Komandan KRI yang berada di Pangkalan. Sabtu (22/12/2018).

Dalam pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa ini untuk meraih kemerdekaannya. Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di kota Yogyakarta.

Lebih lanjut Menteri PPPA menerangkan tentang hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya, yakni mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, untuk itu PHI setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Nasional bukan hari libur.

Terkait peran dan tanggung jawab perempuan Indonesia masa kini, Menteri Yohana menegaskan bahwa perempuan dan laki-laki keduanya adalah Partnership sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan Nasional.

Foto : Ratusan anggota Koarmada II melaksanakan upacara – detiknewsid/m9

“Perempuan dan laki-laki merupakan partner,  yang artinya memiliki kesetaraan peran dalam pembagian tugas, peran, dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki yang dimulai dari lingkup keluarga, masyarakat,  bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ” tandas Menteri PPPA Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip. Apling, M. A.

Untuk itu dengan terselenggaranya Peringatan Hari Ibu ke- 90 tahun 2018, diharapkan dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuandan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Danguspurla Koarmada II, para Asisten Koarmada II, para Kasatker dan Komandan KRI yang berada di Pangkalan. (M9)

Komentar

Berita Terkait