Koarmada II Peringati Hari Armada 2018

Detiknews.id – Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmads) ll Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., MM, mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) ll Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. bertindak sebagai lnspektur Upacara Peringatan Hari Armada RI tahun 2018 di Dermaga Madura, Mako Koarmada II, Ujung Surabaya.

Peringatan Hari Armada tahun 2018 dengan tema “Armada RI Kesatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara, Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan NKRI” kali ini dipusatkan di Komando Amada masing masing yang berlokasi di Jakarta.

Foto : Para Pejabat Utama yang hadir – detiknewsid/m9

Untuk tahun ini Komando Armada ll memperingati puncak Hari Armada 2018 secara sederhana namun tetap dalam suasana khidmat berupa Parade dan Deflle serta syukuran potong tumpeng.

Dalam amanatnya Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M. menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut.

Baca Juga
Koarmada II Gelar Sertijab Enam Jabatan Strategis

” Hal ini mengingatkan kita tentang sejarah berdirinya Armada RI. Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa Armada RI telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis alutsista. Selanjutnya sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 12 tahun 2018 telah dibentuk sejumlah satuan baru TNI di wilayah timur NKRI, termasuk Koarmada Ill di Sorong sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan negara yang kuat dan merata sena dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI,” tuturnya. Rabu (05/12/2018)

Foto : Defile pasukan – detiknewsid/m9

Keterlibatan TNI Angkatan Laut dalam operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang baru-baru ini ten’adi di Lombok dan Palu adalah salah satu contoh kontribusi nyata TNI Angkatan Laut bagi bangsa dan negara.

Baca Juga
Wasrik Tim Itjenal Di Koarmada II Resmi Berakhir

Selain itu, adanya ancaman berdimensi baru yang bersifat hibrida berupa kombinasi ancaman konvensional, aksi kriminal, serangan asimetrik dan serangan siber harus dapat diantisipasi dan dihadapi oleh jajaran armada TNI Angkatan Laut.

Dengan adanya organisasi TNI Angkatan Laut yang telah tergelar dalam tiga armada dan karakteristik ancaman yang harus dihadapi maka diperlukan suatu postur kekuatan koannada yang optimal dengan tingkat kesiapan operasional yang tinggi. Hal inilah yang menjadi landasan dalam kebijakan pembangunan kemampuan dan kekuatan TNI Angkatan Laut ke depan.

Upaya penataan gelar pasukan TNI perlu ditindaklanjuti dengan penetapan komando pelaksana di tiap-tiap armada dan pembangunan sarana prasarana pendukungnya. Persentase capaian fusik pemenuhan alutsista TNI Angkatan Laut dalam Renstra tahun 2015 sampai 2019 sesuai kebijakan MEF (minimum essential force) tercatat sebesar 67,06%, dengan komposisi 166 KRI 85 pesud dan 503 kendaraan tempur marinir.

Baca Juga
Persos HWA Ind Bersama Koarmada II Gelar Booster ke-2 Pfizer di Grand City Surabaya 

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pekan Profesi Koarmada ll, yakni sebuah kompetisi antar satuan kerja yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas prajurit pengawak alutsista TNI AL. Adapun kompetisi yang dimaksud terdiri dari Olah Yudha, Kesamaptaan Bahari, dan PBB.

Pada perayaan Hari Armada tahun ini jajaran Koarmada ll berhasil memperoleh penghargaan sebagai juara pertama Lanal Teladan yaitu Lanal Kotabaru dan meraih juara ketiga KRI Teladan yaitu KRI Diponegoro-365, piagam penghargaan diserahkan pada saat pelaksanaan upacara. Komando Armada 1 di Jakarta, Komando Armada II  di Surabaya dan Komando Armada III di Sorong. (M9)

Komentar

Berita Terkait