oleh

Kebakaran Rutan Kelas ll B Kabanjahe, Diduga Berawal Dari Adanya Warga Binaan Yang Dirantai

Detiknews.id Karo – 410 warga binanaan dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan di evakuasi ke Polres Tanah Karo Berkat kesigapan dari Batalyon Infantri Simbisa 125/TK yang mengerakan hampir 200 personil, Kodim 0205 TK, jajaran Polres Tanah Karo, Satpol PP, serta kesigapan Tim Damkar Pemadam Kebakaran Tanah Karo.
Sumber akar permasalahan yang berujung terjadinya kebakaran yang menghabiskan seluruh bagunan Rutan Kls IIB Kabanjahe tersebut, Diduga berawal dari adanya pertikaian antara warga Binaan, yang memicu terjadinya kebakaran tersebut.
Menurut keterangan yang berhasil didapatkan awak media dari salah satu tahanan berinisial T,”Awalnya ada kawan kami yang dirantai bang, makanya kami enggak terima dan terjadilah kerusuhan.
Dirinya mengungkapkan, kelima rekannya itu sudah menjalani hidup dengan dirantai selama tiga hari ini. Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui secara pasti apa penyebab rekannya tersebut diperlakukan seperti itu.
Ketua harian Warung Nusantara (WN) 88 Humas Mabes Polri Kabupaten Karo Robinson Purba mengatakan,Kita minta supaya aparat berwenang mengusut tuntas terkait peristiwa terbakarnya Rutan Kelas II B Kabanjahe.
Karena informasi yang sudah beredar dimasyarakat kebakaran terjadi akibat dari salah seorang tahanan yang dirantai sudah bermohon kepada petugas rutan utk buang air kecil/besar mulai pagi hari yang tak diberikan olah petugas lapas.
Jangan nanti timbul keresahan pada keluarga para tahanan dan akhirnya timbul masalah baru,”Jelasnya.

Terlihat Mhd Jahari Sitepu SH MSI kepala Divisi Permasyarakaratan Wilayah Sumatera Utara, langsung terjun dilokasi sekiran pukul 14.34 WIB, disela-sela evakuasi warga Binaan Rutan Kls IIB Kabanjahe, mengatakaan kepada sejumlah wartawan saat ini masih fokus dengan evakuasi.(ius)

Komentar

Berita Terkait