Kasipers 045/Gaya Hadiri Upacara Peringatan Bulan K 3 Tingkat Prov. Kep. Babel Tahun 2020

Pangkalpinang,detiknews.id — Kasipers 045/Gaya Letkol Arm Bontor Karokaro S.Si menghadiri Upacara Peringatan Bulan K3 Tingkat Provinsi Kepulauan Banhka Belitung Tahun 2020 bertemakan Optimalisasi Kemandirian Masarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi informasi, Abdul Fatah selaku Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  bertindak sebagai Irup dan Supriyono selaku Pengawas Madya Dinsnaker Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Komandan Upacara, pelaksanaan  bertempat di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Rabu (05/02/2020)

ONNEWS

Abdul Fatah dalam kesempatan ini membacakan sambutan Mentri Ketenagakerjaan yang isinya tentang Peringatan Hari K3 Nasional Tahun 2020 merupakan sangat strategis dan bersejarah mengingat Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja telah mencapai usai 50 tahun ,dan dalam menghadapi tantangan tantangan baru dalam dunia Ketenagakerjaan salah satu diantaranya adalah revolusi industri,Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan adanya inovasi otomatisasi, super computer, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital.

Pemerintah saat ini memiliki 7 agenda prioritas yang tertuang dalam RPJMN diantaranya adalah meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar yang pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif. Badan Pusat Statistik mencatat jumlah angkatan kerja pada Agustus 2019 sebanyak 133.56  juta  orang, mengalami penurunan 2.62 juta orang dibandingkan Februari 2019. Penduduk bekerja sebanyak 126,51 juta orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 57,5 % adalah lulusan SD dan SMP serta berpotensi terhadap rendahnya kesadaran pentingnya perilaku selamat dalam bekerja. Sementara itu terkait keselamatan kerja berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2018 telah terjadi 157.313 kasus kecelakaan kerja dan sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 dan ini menunjukkan terjadinya kasus penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26.40%.”ujar Wagub

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Plt Sekda Prov. Kep. Babel (Yulizar), Dir Pam Obvit Polda Babel (KBP Bermen J. P. Sianturi), Dispora Prov (Suharto), Kabid Pemuda dan Olahraga (Burhan), Sekertaris Pol PP Prov (Maladi), Kakansar Basarnas Propinsi (Fazzli), Perwakilan Kajati Prov (Mangotan), Kadinas Perhubungan Prov (Tajudin) dan Kadis Arsip Prov (Ayrap Suryadin). (*/adi)

Komentar

Berita Terkait