Kasad Sambut Baik Keinginan Masyarakat, Lanudad Gatot Subroto Layani Penerbangan Sipil di Way Kanan

Detiknews.id – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut baik keinginan masyarakat Provinsi Lampung, terutama Kabupaten Way Kanan, agar Pangkalan Udara Angkatan Darat (Lanudad) Gatot Subroto dapat melayani penerbangan komersial. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Dijelaskan Kadispenad, pada hari ini (Selasa,15/1/2019), Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa telah menerima audiensi Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya di Ruang Rapat Bina Yudha-2 Mabesad, dalam rangka membahas tindak lanjut percepatan Lapangan Udara Angkatan Darat (Lanudad) Gatot Subroto, agar bisa dipergunakan sebagai Bandara komersial/sipil.

“Selain silaturahmi kepada Kasad, kedatangan mereka juga membahas rencana tindak lanjut percepatan Lanudad (Gatot Subroto) di Kabupaten Way Kanan, Lampung,”jelasnya.

Lanudad Gatot Subroto tepatnya terletak di Kecamatan Way Tuba merupakan salah satu pangkalan udara milik TNI AD yang berada dibawah Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad).

Saat ini Lanudad Gatot Subroto hanya digunakan untuk kepentingan TNI AD dan pada bulan November 2018 lalu, TNI AD telah memberikan persetujuan tentang pemanfaatan Bandara milik TNI AD sebagai Bandara komersil yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan.

“Ketika itu (November 2018), Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan persetujuan dengan catatan fungsi utamanya tetap sebagai Bandara Angkatan Darat. Jika sudah mulai dipergunakan untuk menerima penerbangan komersial, TNI AD meminta agar Pemkab Way Kanan dan Pemprov Lampung untuk menjaga dan merawat bandara yang berlokasi di Way Tuba tersebut,”ungkap Brigjen TNI Candra Wijaya.

Komentar

Berita Terkait