oleh

Karo Akan Tingkatkan Ragam Ketahanan Pangan Guna Peningkatan SDM

Detiknews.id Karo – Paten Purba Kepala dinas Ketahanan Pangan diposisi jabatan yang baru Jumat (19/7) pukul 16.00 WIB, mulai mengadakan rapat dengan para Kabid dan Staf di instansi yang baru diembannya,kedepannya kita akan tingkatkan Potensi Ragam Pangan daerah masing-masing di setiap desa di seluruh kabupaten Karo.


info

DetikNews.ID



Ada yang Menarik


lanjut baca berita


Menurut Paten Purba kepada crew detiknews.id ”  kebutuhan akan ketersediaan pangan yang cukup aman dan berkualitas menjadi standar utama oleh karena itu ketahanan pangan harus dilakukan secara terus menerus. dan program – program sudah  kita siapkan kedepannya.

Sumber permasalahan dan masalah yang selama ini tidak mampu kita laksanakan akan diupayakan memberikan pencerahan ke tiap-tiap daerah agar dapat menghasilkan keragaman pagan.dan kita akan melaksanakan program-program turun langsung ke lapangan,”terangnya.

dalam waktu dekat ini kita akan melakukan program Pengolahan macam tanaman sehingga tercipta keragaman pangan dan meningkatkan minat masyarakat agar mengerti , Pentingnya ketahanan pangan bagi kesejahteraan masyarakat, dan Masyarakat harus bijak dalam mengolah keaneka ragaman Pangan,”papar paten.

“Semilas selama ini ujar Paten satu titik hanya menghasilkan Beras sebagai sumber pangan, walau kita tau Tanah Karo merupakan penghasilan Pangan yang beragam, namun untuk pengolahan menjadi sumber Pengembangan dan Pengolahan untuk home industri pemanfaatan pangan lokal yang bersumber dari ragam jenis ubi, pisang , jagung, labu kuning, sagu, dan masih banyak lagi bisa diolah menjadi oleh – oleh khas daerah Karo, setiap desa di Karo berbeda hasil pangan dan bisa  diolah menjadi ciri khas wilayah masing-masing,”ujarnya.

Tambah Paten,”kita akan melakukan lintas kerja SKPD dan dalam waktu dekat ini, mengandeng Dinas Pertanian untuk bidang cocok tanam, Dinas kesehatan untuk memastikan kesehatan setiap pangan yang beredar serta Dinas Perindang guna meningkatkan SDM masyarakat serta bisa menambah penghasilan rumah tangga terangnya.

Diakhir Paten menjelaskan lebih rinci, ketahanan pangan tidak serta Merta harus beras menjadi bahan pangan Utama, masih banyak ragam pangan yang bisa kita olah, dan semoga , Kedepanya kita mampu meningkatkan dan mengali SDM masyarakat, agar kelak Tanah Karo benar –  benar dikenal dengan ragam ketahanan pangan yang dikelola menjadi Bahagian Ciri khas oleh – oleh Karo tutupnya,”di ruang kerjanya.(war)

Mungkin Anda Suka

Komentar