oleh

Kapolresta Tangerang Dorong Semua Desa Jadi KTN

Tangerang,Detiknews.id — Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mendorong setiap desa memiliki Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Dikatakan Ade, Kampung Tangguh Nusantara merupakan program yang diinisiasi Kapolri Jenderal Idham Azis sebagai upaya mendukung pemerintah terkait ketahanan pangan.

Ade menambahkan, Kampung Tangguh Nusantara mengusung konsep keterlibatan aktif masyarakat. Dengan demikian, masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan wabah Covid-19 dan juga upaya-upaya pemberdayaan.

“Kampung Tangguh Nusantara juga sebagai bentuk keseriusan dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dengan mengedepankan partisipasi masyarakat,” kata Ade.

info DetikNews.ID

lanjut baca berita

Ade menyampaikan, Kampung Tangguh Nusantara tidak hanya berkaitan dengan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun juga berkaitan dengan upaya menguatkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan lahan tidur dan media-media lainnya.

“Lahan tidur atau media lain dimanfaatkan untuk cocok tanam seperti jagung atau juga ternak ikan,” ujarnya.

Karena mengusung konsep itulah, Ade berharap tiap desa memiliki Kampung Tangguh Nusantara. Dengan demikian, upaya mendisiplinkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan secara mandiri serta usaha penguatan ketahanan pangan dapat berlangsung secara masif.

Ade meyakini, bila skema Kampung Tangguh Nusantara dijalankan dengan baik, dampak negatif Covid-19 dapat diminimalisir. Selain itu, lanjutnya, penguatan ekonomi masyarakat juga dapat dilakukan.

Ade mengajak semua lapisan masyarakat, para kepala desa atau lurah, serta unsur lainnya bersama-sama mendirikan Kampung Tangguh Nusantara.

“Agar ke depan, tiap desa ada Kampung Tangguh Nusantara,” tandas orang nomor satu di Polresta Tangerang ini.(mad sutisna)

Komentar

Berita Terkait