Kapolres Nganjuk Tanam 1000 Pohon, Upaya Serius Pelestarian Alam

Detiknews.id Nganjuk –Kapolres AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., memimpin kegiatan penanaman 1000 pohon serentak 20 Polsek Jajaran Polres Nganjuk dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh setiap tanggal 21 November. Kegiatan berlokasi di Wana Wisata Edukasi Manyung, Dusun Manyung, Desa Bagor Kulon, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Rabu (22/11) siang.

Acara penanaman pohon massal yang dihadiri oleh Ibu Ketua dan pengurus Cabang Bhayangkari Nganjuk, Pejabat Utama (PJU) Perhutani dan Polres Nganjuk, Forkopimcam Bagor, perwakilan Kapolsek, anggota TNI/Polri, Perhutani, serta ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Dalam sambutannya, AKBP Muhammad mengatakan keseriusan Polres Nganjuk dalam mendukung inisiatif penanaman 10 juta bibit pohon yang diprakarsai oleh Bapak Kapolri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Kegiatan serentak ini dilaksanakan di 34 Polda serta jajaran Polres seluruh Indonesia.

Baca Juga
Perhutani dan Stakeholder Tanam Pohon, Lestarikan dan Hijaukan Negeri

“Tumbuhkan kesadaran bersama bahwa hutan memiliki peran penting sebagai penyokong kehidupan, penyedia hasil hutan kayu dan bukan kayu (HHBK), kebutuhan pangan, serta ketersediaan air,” ujar AKBP Muhammad.

Beliau menambahkan. Pohon, sebagai bagian dari pepohonan, memegang peran vital dalam menjaga suhu bumi, menyerap karbon, menyaring polusi udara, dan berkontribusi dalam mitigasi bencana alam.

Sementara itu Kabag SDM Polres Nganjuk, Kompol Burhanudin, S.Sos., menjelaskan Polres Nganjuk berkesempatan menanam berbagai jenis pohon kayu keras dan buah-buahan sebanyak 1000 batang seperti Mahoni, Sengon Laut, Trembesi, Buah Kelengkeng, dan Buah Jeruk.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan penanaman pohon ini, besar harapan agar pohon-pohon yang ditanam dengan harapan dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi lingkungan di masa mendatang,” ujar Kompol Burhanudin. (D1)

Baca Juga
Pelaksanaan KRYD, Polres Nganjuk Lakukan Pemusnahan BB Sitaan

Komentar

Berita Terkait