Kapolres Gresik Peringati Hari Lahir Pancasila Bersama Forkopimda

Detiknews.id Gresik – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 01 Juni 2022, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom bersama Forkopimda Kabupaten Gresik mengikuti upacara hari lahir Pancasila, halaman Kantor Bupati Gresik, Kamis (01/06/23).

Sementara di Mapolres Gresik Wakapolres Gresik Kompol Erika Purwana Putra bertindak sebagai inspektur upacara. Diikuti PJU Polres Gresik dan Kapolsek jajaran.

Kapolres Gresik mengatakan, bahwa pada Hari ini tanggal 01 Juni 2023 merupakan momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia, pada tanggal ini setiap Tahunnya kita selalu memperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Ada berbagai cara dalam memaknai Peringatan Lahirnya Pancasila, yaitu mempelajari Nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila seperti Toleransi beragama, menerima keberagaman dan perilaku cinta tanah air. Menerapkan Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Baca Juga
Kapolres Gresik Peduli, Buka Bersama Para Tahanan di Rutan Polres

Memaknai Hari Lahir Pancasila dengan menyikapi permasalahan dengan bijaksana. Harus bangga akan Budaya, Adat istiadat, Bahasa dan Keanekaragaman Negara Indonesia. Dengan dilaksanakan Upacara ini juga diharapkan dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, serta mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

“Tetap jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita, mari saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan Bangsa dan juga demi kemajuan Indonesia,” ucapnya.

Alumnus Akpol 2002 ini menambahkan, harus menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila harus dipraktikan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

Baca Juga
Antisipasi Tindak Kriminal dan Balap Liar, Personel Polres Gresik Patroli Skala Besar

“Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, dan prestasi,” tutupnya.(D1)

Komentar

Berita Terkait