Kapolres Bojonegoro Pimpin Gelar Operasi Keselamatan 2024 : Patuhi Lalulintas Demi Kamseltibcar Lantas

Polres Bojonegoro

Detiknews.id Bojonegoro – Menjelang bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 H, Polres Bojonegoro melaksanakan apel gelar pasukan Operasi (Ops) Keselamatan Semeru 2024 bertempat di halaman Mapolres Bojonegoro, Sabtu (02/03).

Dalam apel gelar pasukan tersebut, Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto, S.H., S.I.K., M.Si., sebagai pimpinan apel. Apel gelar pasukan juga dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah(Forkopimda) Bojonegoro, Pejabat Utama(PJU) Polres Bojonegoro, Karumkit RS. Bhayangkara Bojonegoro, para Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Bojonegoro, Kapolsek jajaran, Komandan Subdenpom V/2-1 Bojonegoro, Danki Sat Brimob Polda Jatim Kompi C Bojonegoro, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Peserta apel gelar pasukan Ops. Keselamatan semeru 2024 dari Subdenpom V/2-1, Kodim 0813/Bojonegoro, Sat Brimob Polda Jatim Kompi C, gabungan personel Polres Bojonegoro, Satpol PP, Dishub, BPBD, Damkar, Dinkes, RS. Bhayangkara, komunitas ojek online, komunitas otomotif, sopir bus, mahasiswa dan pelajar SMA – SMP.

Baca Juga
Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Timur Kunjungan ke Pengurus Cabang Bojonegoro

Dimulainya Operasi Keselamatan Semeru 2024 ditandai dengan penyematan pita dan pin keselamatan lalu lintas oleh Kapolres Bojonegoro kepada perwakilan personel apel.

Disela-sela apel gelar pasukan, Kapolres Bojonegoro membacakan Ikrar Deklarasi Bersaudara Di Jalan, Sehati, Safety dan Presisi yang ditirukan oleh seluruh peserta apel gelar pasukan.

Selesai apel gelar pasukan Ops. Keselamatan Semeru 2024 dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Bojonegoro bersama jajaran Forkopimda Bojonegoro.

Masih ditempat yang sama, Kapolres Bojonegoro, AKBP Mario Prahatinto menyampaikan bahwa apel gelar pasukan Ops. Keselamatan Semeru 2024 ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H di wilayah Kabupaten Bojonegoro serta untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Baca Juga
Jelang Ramadhan, KPPU dan Tim Satgas Pangan Antisipasi Lonjakan Harga dan Stok Bahan Pokok

Lanjut Kapolres, bahwa Ops. Keselamatan Semeru 2024 dilaksanakan sebagai salah satu upaya pihak Kepolisian meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Selain itu, operasi ini juga untuk menciptakan Kamseltibcarlantas serta meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Kamseltibcarlantas merupakan suatu hal yang mutlak dirasakan masyarakat selaku pengguna jalan raya,” ucap Kapolres, AKBP Mario Prahatinto kepada awak media di Mapolres Bojonegoro.

Pihaknya menerangkan bahwa Ops. Keselamatan Semeru 2024 dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 4 s/d 17 Maret 2024.

Lebih lanjut, prioritas Operasi Keselamatan Semeru 2024 antara lain :
1. Penggunaan helm SNI
2. Melawan arus
3. Penggunaan HP saat berkendara
4. Berkendara dibawah pengaruh alkohol
5. Melebihi batas kecepatan
6. Berkendara dibawah umur
7. Penggunaan knalpot brong
8. Balap liar

Baca Juga
Kapolres Bojonegoro Jalin Silaturahmi Bersama Dai Kamtibmas di Pemilu Damai 2024

Kapolres Bojonegoro mengimbau kepada warga masyarakat selama berkendara di jalan raya tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan, agar tercipta Kamseltibcar Lantas yang kondusif.

“Utamakan keselamatan saat berkendara, kita sayangi diri kita sendiri dan juga keluarga serta pengendara lainnya, sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, untuk itu kita harus tertib dan taat aturan berlalu lintas,” pungkas orang nomor satu dijajaran Polres Bojonegoro ini. (D1)

Komentar

Berita Terkait